Follow Us

Matanya Terpejam Saat Disumpah di Bawah Alquran, Komandan KRI Nanggala-402 Blak-blakan Kecewa Pada Kualitas Kapal Selam Buatan PT PAL Hingga Berpesan Begini: Beritakan yang Sebenarnya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 25 April 2021 | 14:41
Komandan KRI Nanggala-402 Letkol Laut (P) Heri Oktavian, M.Sc. saat disumpah dengan Alquran ketika mengemban tugas sebagai Komandan Sekolah Kapal Selam Kodiklatal.
dok. TNI AL

Komandan KRI Nanggala-402 Letkol Laut (P) Heri Oktavian, M.Sc. saat disumpah dengan Alquran ketika mengemban tugas sebagai Komandan Sekolah Kapal Selam Kodiklatal.

Fotokita.net - Matanya terpejam saat disumpah di bawah Alquran, Komandan KRI Nanggala-402 Letkol Laut (P) Heri Oktavian blak-blakan kecewa pada kualitas kapal selam buatan PT PAL. Dia pun berpesan begini: beritakan yang sebenarnya.

KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam setelah upaya pencarian kapal selam TNI AL itu sudah melewati waktu 72 jam.

KRI Nanggala-402 hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) sekitar pukul 04.00 waktu setempat.

KRI Nanggala-402 adalah salah satu kapal selam yang resmi menjadi bagian dari alat utama sistem pertahanan (alutsista) Indonesia pada 1981.

Baca Juga: KRI Nanggala-402 Tenggelam di Dasar Lautan, Istilah On Eternal Patrol Jadi Viral, Ternyata Ini Artinya

KRI Nanggala-402 diperkirakan hilang di perairan sekitar 60 mil atau sekitar 95 kilometer dari utara Pulau Bali, sekitar pukul 03.00 waktu setempat.

Kapal selam ini membawa 53 orang yang terdiri dari 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata.

Komandan KRI Nanggala-402 saat ini dijabat Letkol Laut (P) Heri Oktavian. Mantan Komandan Sekolah Kapal Selam TNI AL ini mulai dilantik sebagai orang nomor satu di KRI Nanggala-402 sejak 3 April 2020.

Baca Juga: Listrik KRI Nanggala-402 Diduga Masih Menyala, Cadangan Oksigen Bisa Tahan 5 Hari, Maia Estianty Kirim Doa: Ya Allah Jangan Engkau Buat Mereka Menderita

Dalam pesannya atas musibah yang menimpa KRI Nanggala-402, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, hingga saat ini pemerintah telah memaksimalkan upaya demi keselamatan personel on board.

Presiden Jokowi mengatakan, segala upaya optimal masih akan terus dilakukan dalam penyelamatan kapal selam KRI Nanggala-402.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memanjatkan doa dengan harapan terbaik bagi 53 awak kapal selam tersebut.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest