Follow Us

Angkut 52 Anggota TNI AL, Ini Foto Profil Komandan KRI Nanggala-402 yang Hilang Kontak, Ternyata Bukan Sosok Sembarangan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 21 April 2021 | 21:38
KRI Nanggala.
Foto wikipedia

KRI Nanggala.

Fotokita.net - Angkut 53 prajurit TNI AL, ini foto profil komandan KRI Nanggala-402 yang hilang kontak, punya karir cemerlang hingga sekolah di Jerman.

Kabar mengejutkan datang dari TNI Angkatan Laut. Pada Rabu (21/4/2021) kapal selam dinyatakan hilang kontak saat melakukan misi latihan di utara Pulau Bali.

KRI Nanggala-402 membawa 53 orang, yang terdiri dari 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata.

Menurut informasi yang dikutip dari Kompas.id, komandan KRI Nanggala-402 adalah Letkol Laut (P) Heri Oktavian. Berdasarkan catatan, Heri Oktavian sudah setahun memimpin kapal selam tersebut.

Baca Juga: Dijuluki Monster Bawah Laut, KRI Nanggala 402 yang Hilang Kontak Sempat Jalani Perawatan Selama 3 Tahun di Korea Selatan

Pencarian kapal ini terus dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk bantuan dari negara sahabat seperti Singapura.

KRI Nanggala-402 merupakan satu dari dua kapal selam tua buatan industri Howaldt Deutsche Werke (HDW), Kiel, Jerman Barat.

Pengadaan kedua kapal selam ini, pada 1981, merupakan upaya untuk kembali memperkuat kekuatan laut Indonesia.

Baca Juga: Cara Mudah Cari HP Baru Lebaran 2021, Adu Keren Kamera Realme 8 dengan Samsung Galaxy A32, Lihat Hasil Foto-fotonya

KRI Nanggala-402 adalah kapal selam Kelas Cakra yang dipesan pada 2 April 1977 dan selesai dibuat pada 1981.

Di Jerman, kapal selam ini dikenal sebagai kapal selam serang Type 209, yang ditenagai diesel elektrik.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, TNI mengerahkan kapal survei hidrooseanografi KRI Spica milik TNI AL untuk misi SAR pencarian KRI Nanggala.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest