Follow Us

Diklaim 95 Persen Ampuh Lawan Covid-19, 3 Warga Singapura Malah Nyaris Meninggal Usai Disuntik Vaksin Buatan Negara Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 30 Januari 2021 | 21:24
Joe Biden disuntik vaksin Covid-19 Pfizer
Sky News

Joe Biden disuntik vaksin Covid-19 Pfizer

Fotokita.net - Diklaim 95 persen ampuh lawan Covid-19, 3 warga Singapura malah alami efek samping parah hingga nyaris meninggal usai disuntik vaksin buatan negara ini.

Vaksin Pfizer sempat membawa angin segar ketika mengumumkan klaim efektivitasnya yang mencapai 90 persen.

Pada Rabu, (18/11/2020) pembuat vaksin memperbarui efektivitasnya menjadi 95 persen, seperti dikabarkan The New York Times, Rabu (18/11/2020).

Data menunjukkan bahwa vaksin tersebut mencegah bentuk Covid-19 yang ringan dan parah menurut perusahaan itu.

Baca Juga: Belum Sebulan Jadi Presiden AS, Joe Biden Sudah Bikin Warga Amerika Murka Usai Ungkap Rencana Buat Dalang Bom Bali 2002

Vaksin itu diklaim 94 persen efektif pada orangtua, yang lebih rentan terinfeksi Covid-19 parah dan tidak menanggapi dengan kuat beberapa jenis vaksin.

Ahli imunologi di Universitas Yale, Akiko Iwasaki, mengatakan hasil pada orang di atas 65 tahun adalah yang paling menjanjikan.

“Kami tahu dari vaksin influenza bahwa sangat sulit untuk mencapai perlindungan pada kelompok usia ini dengan vaksin. Jadi keampuhan 94 persen pada kelompok itu sangat luar biasa,” katanya.

Baca Juga: Disebut Kena Sindir Orang Nomor 1 Indonesia, Raffi Ahmad Malah Ungkap Respons Jokowi Usai Divaksin Dosis Kedua

Permohonan izin darurat

Bahkan, perusahaan yang bekerja sama dengan BioNTech itu mengatakan bahwa perusahaan berencana untuk mengajukan permohonan izin darurat ke Food and Drug Administration (FDA) atau BPOM Amerika Serikat dalam beberapa hari ke depan.

Hal itu meningkatkan harapan bahwa vaksin Pfizer dapat berfungsi dan segera menjadi kenyataan.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest