Follow Us

Lolos dari Masa Kritis Covid-19, Wali Kota Bogor Bima Arya Akui Kondisinya Tak Seperti Dulu, Sering Alami Gangguan Kesehatan Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 05 Desember 2020 | 20:56
Bima Arya Sugiarto, Wali Kota Bogor sudah sembuh dari Covid-19
Instagram/bimaaryasugiarto

Bima Arya Sugiarto, Wali Kota Bogor sudah sembuh dari Covid-19

Fotokita.net - Lolos dari masa kritis Covid-19, Wali Kota Bogor Bima Arya akui kondisinya tak seperti dulu, sering alami gangguan kesehatan ini.

Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia dr Agus Dwi Susanto mengatakan, saat ini muncul fenomena baru bernama long Covid.

Long Covid adalah suatu kondisi gejala-gejala yang muncul pada pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19, berdasarkan hasil swab yang sudah negatif.

Gejala itu bisa muncul berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan dan menetap di dalam tubuh pasien yang telah negatif Covid-19.

Baca Juga: Sudah Negatif Covid-19 Sejak 1 Desember 2020, Ini Alasan Surya Paloh Belum Boleh Keluar dari RSPAD Gatot Subroto

Hal itu disampaikan dr Agus saat diskusi bertajuk Mewaspadai Efek Jangka Panjang Covid-19 yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia, Kamis (3/12/2020).

"Itu yang disebut sebagai long Covid," kata dr Agus.

Agus pun menjelaskan sejumlah gejala yang mungkin muncul dari penderita long Covid.

Baca Juga: Minggat Lewat Pintu Belakang RS, Habib Rizieq Disebut Sakit Saat Mangkir dari Panggilan Polda Metro, Aparat Lakukan Ini: Jemput Paksa?

Yakni, gejala kelelahan kronis, sesak napas, napas berat, termasuk juga gejala berdebar-debar yang terkait dengan jantung, serta nyeri-nyeri sendi dan nyeri otot.

Bahkan, Agus mendapati sejumlah pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 mengalami depresi.

Baca Juga: Bikin Bima Arya Meradang, Dirut RS UMMI Angkat Suara Usai Habib Rizieq Disebut Kabur Lewat Pintu Belakang Rumah Sakit

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest