Follow Us

Dibangun Sejak Soekarno Berkuasa, Gedung Kejaksaan Agung 2 Kali Alami Kebakaran, Penyebab yang Sama Jadi Biang Kerok

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 23 Agustus 2020 | 12:09
Kebakaran di Kejaksaan Agung RI
Garry Lotulung/Kompas.com

Kebakaran di Kejaksaan Agung RI

Fotokita.net - Dibangun sejak Presiden Soekarno berkuasa, Gedung utama Kejaksaan Agung (Kejagung) terbakar pada Sabtu (22/8/2020) malam. Api mulai berkobar sekitar pukul 19.10 WIB. Ternyata kejadian ini bukan yang pertama.

Kebakaran itu terjadi di Gedung Kejaksaan Agung yang beralamat di Jalan Sultan Hasanudin Dalam, RT 011/RW 007, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kebakaran diketahui berasal dari lantai enam yang merupakan bagian kepegawaian, dan meluas hingga api melalap seluruh gedung.

Baca Juga: Api Gedung Utama Kejaksaan Agung Sulit Padam, Inilah Fakta Bangunan yang Didirikan Saat Soekarno Berkuasa Hingga Jadi Penanda Kejayaan Orde Baru

Petugas pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk memadamkan api, akhirnya berhasil menjinakkan si jago merah pada Minggu (23/8/2020) dini hari.

Sekitar pukul 06.00 WIB, petugas pemadam kebakaran sudah mulai melakukan proses pendinginan untuk mengantisipasi api kecil yang masih ada di bagian dalam gedung kembali membesar.

Jaksa Agung ST Burhanuddin menegaskan tak ada berkas perkara dan alat bukti yang terbakar di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta.

Bukan yang pertama

Kebakaran yang melanda Gedung Kejaksaan Agung Sabtu (22/8/2020) malam kemarin bukanlah yang pertama kali terjadi.

Sejarah gedung utama Kejaksaan Agung memang menarik.

Baca Juga: Gedung Utama Kejaksaan Agung Terbakar Hebat, Tak Banyak yang Tahu Jaksa Agung Pernah Berkantor di Lapangan Banteng, Inilah Sejarahnya

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest