Follow Us

Jadi Cibiran Warga Gegara Nekat Nikahi 2 Perempuan Sekaligus, Laki-laki yang Cuma Berkerja Serabutan Ini Akhirnya Tak Tahan Lagi Hingga Buka Suara: 'Saya Dibilang Pakai Jampi-jampi'

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 27 Juni 2020 | 08:29
Ilustrasi Pernikahan
Freepik.com

Ilustrasi Pernikahan

Fotokita.net - Meski sejumlah pengamat menyebut kebanyakan masyarakat Indonesia tidak menyetujui praktek poligami, namun ada sebagian yang mendukung pernikahan dengan lebih dari satu istri ini.

Poligami adalah istilah umum untuk menyebut pernikahan dengan suami atau istri lebih dari satu.

Ada dua bentuk poligami, yakni poligini atau laki-laki yang memiliki istri lebih dari satu dalam waktu yang bersamaan, serta poliandri atau perempuan yang bersuami lebih dari satu dalam waktu yang bersamaan.

Baca Juga: Bangga Nikahi Dua Perempuan dalam Selang Sehari, Perkawinan Laki-laki di Lombok Jadi Viral, Tapi Tetangganya Malah Mencibir: Bekerja Serabutan Mau Dikasih Makan Apa

Namun, karena poliandri bukan hal yang lumrah dilakukan, istilah poligami yang dimaksud biasanya merujuk pada poligini atau praktik laki-laki beristri banyak.

Praktik poligami banyak dilakukan oleh kalangan masyarakat Hindu pada zaman dulu, namun hanya dilakukan oleh para raja dan kasta tertentu saja.

Poligami dilakukan dengan beberapa alasan, bisa karena masalah keturunan atau atas dasar adat istiadat dari leluhur.

Baca Juga: Pernikahannya Mendadak Dibatalkan Cuma Lewat SMS, Respons Artis Cantik Ini Pada Kabar Sang Mantan yang Digugat Cerai Selagi Jalani Hukuman Penjara Sungguh Tak Disangka: 'Karma Itu Teritori Allah, Loh'

Dalam praktiknya, seperti dilansir dari karya tulis Windari Subangkit dalam Popbela.com, hukum poligami diterapkan berbeda-beda di tiap negara.

Di Tunisia dan Turki, praktik poligami dilarang dan orang yang melakukannya dapat dikenai sanksi pidana.

Sementara di Indonesia, terdapat hukum negara yang mengatur secara ketat praktik poligami, baik untuk pegawai negeri maupun masyarakat umum.

Baca Juga: Ayu Ting Ting Blak-blakan Nyatakan Perasaannya, Ivan Gunawan Langsung Siapkan Seserahan Berharga Selangit Buat Sang Biduan Dangdut: Sudah Siap Gelar Lamaran?

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest