Follow Us

Terekam Kamera Pengawas, Begini Video Detik-detik Letusan Gunung Merapi yang Menggetarkan, Tinggi Kolom Erupsi 6 Km

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 21 Juni 2020 | 18:38
Gunung Merapi Kembali Erupsi, BPPTKG Ingatkan Masyarakat untuk Waspadai Hujan Abu: Mohon Kenakan Masker dan Kacamata Saat Beraktivitas di Luar Ruangan
Instagram @bpptkg

Gunung Merapi Kembali Erupsi, BPPTKG Ingatkan Masyarakat untuk Waspadai Hujan Abu: Mohon Kenakan Masker dan Kacamata Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Fotokita.net - Gunung Merapi mengalami dua kali erupsi pada Minggu (21/6/2020). Erupsi terjadi pada pukul 09.13 WIB dan 09.27 WIB.

Saat dikonfirmasi, petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Lasiman membenarkan terjadi erupsi pada pukul 09.13 WIB.

"Iya benar, pukul 09.13 WIB,"ujar Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Lasiman saat dihubungi melalui WhatsApp (WA), Minggu (21/6/2020).

Baca Juga: Gerhana Matahari Cincin Solstis Hari Ini Terjadi Lagi Tahun 2039, Sayangnya Wilayah Jayapura dan Merauke Sudah Pasti Tak Bisa Lihat Fase Puncak, Begini Penjelasannya

Berdasarkan data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta erupsi yang terjadi pada pukul 09.13 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 milimeter.

Sedangkan untuk durasi tercatat 328 detik. Teramati tinggi kolom erupsi kurang lebih 6.000 meter dari puncak Gunung Merapi.

Sedangkan arah angin saat terjadi erupsi ke barat. Kemudian, pada pukul 09.27 WIB, Gunung Merapi kembali erupsi.

Baca Juga: Hari Ini, Gerhana Matahari Cincin Barengan dengan Fenomena Langka Sampai Diberi Nama Cincin Api Solstis, Inilah Penjelasan Ahli

BPPTKG Yogyakarta mencatat erupsi kedua ini dengan amplitudo 75 milimeter. Sedangkan durasi tercatat 100 detik. Tinggi kolom erupsi tidak teramati.

Sampai dengan saat ini, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II (waspada).

BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan radius bahaya berada di dalam tiga kilometer dari pucak Gunung Merapi.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest