Follow Us

Bukan Cuma Sekali, Aktivis Greenpeace Biasa Lakukan Hal Nekat Buat Suarakan Masalah Ini. Salah Satunya, Bikin Geram Menko Maritim Luhut Pandjaitan!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 24 Oktober 2019 | 10:05
Aktivis Greenpeace memasang spanduk di patung Bundaran HI
kompas.com

Aktivis Greenpeace memasang spanduk di patung Bundaran HI

Fotokita.net - Aksi kelompok aktivis Greenpeace memanjat patung Pancoran di Jakarta Selatan dan Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta Pusat pada Rabu (23/10/2019) sebetulnya bukanlah hal baru.

Seperti diberitakan ada lima pemanjat yang melakukan aksi nekat itu untuk menyuarakan pesan. Begitu tiba di puncak patung, mereka membentangkan spanduk bertulis Lawan perusak hutan, #Reformasidikorupsi".

Rangga, salah satu aktivis yang memanjat patung Pancoran, mengatakan aksi mereka untuk mengekspresikan kekecewaan terhadap pemerintah. Mereka kecewa lantaran permasalahan kebakaran hutan tak kunjung selesai.

Baca Juga: Di Ujung Masa Jabatan, Menteri Luhut Panjaitan Malah Kena Skak Gubernur Bali. Ada Masalah Apa?

"Kami hanya untuk memperjuangkan agar lingkungan lebih baik dan udara sehat. Di Indonesia, pembakaran hutan belum selesai-selesai, enggak ada ujungnyalah sampai sekarang," kata Rangga.

Aktivis dari Greenpeace memanjat Monumen Selamat Datang atau patung Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Aktivis dari Greenpeace memanjat Monumen Selamat Datang atau patung Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Saat Joko Widodo dilantik sebagai Presiden RI periode 2019-2024, kata Rangga, masalah kebakaran hutan sama sekali tak disinggung dalam pidato kenegaraannya.

Ia mengatakan, mereka akan terus melancarkan aksi dalam berbagai bentuk sampai Presiden menanggapi serius permintaan mereka soal kebakaran hutan dan lahan. Rangga dan keempat temannya punya alasan khusus memilih patung Pancoran. Mereka menilai patung itu lokasinya strategis dan menjadi pusat perhatian masyarakat.

Baca Juga: Berjibaku Di Antara Bara dan Api, Kisah Perempuan yang Berjuang Padamkan Kebakaran Hutan Sungguh Mengharukan: Kami Adalah Penjaga Hutan!

Mereka yakin, spanduk bertulis "Lawan perusak hutan, #Reformasidikorupsi" yang mereka pasang akan menarik perhatian banyak orang jika dipasang di lokasi itu.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest