Follow Us

Sudah Bangun Lebih dari 1.000 Masjid di Penjuru Indonesia, Begini Alasan Pengusaha Sukses Asal Banten Itu Pilih Depok Sebagai Lokasi Masjid Kubah Emas

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 20 Oktober 2019 | 09:41
Masjid Kubah Emas, Depok
Wikipedia

Masjid Kubah Emas, Depok

Fotokita.net - Selain terkenal sebagai pengusaha sukses, Dian Al Mahri terkenal sebagai seorang dermawan yang gemar membantu anak yatim piatu dan membangun masjid sebagai bentuk ibadah. Tercatat kurang lebih ada 1.000 masjid yang dibangun Dian tersebar di Indonesia.

Menurut skripsi karya Mirza Shahrani, Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008, "Masjid Kubah Emas di Depok: Fenomena Reproduksi Masjid Kawasan Timur Tengah Dalam Konteks Indonesia", Dian merupakan pengusaha asal Banten yang lahir pada 1953.

Usaha Dian ada banyak, salah satunya di bidang properti yang dirintis sejak 1980. Ia lebih banyak menjalankan usaha di Singapura, Malaysia, dan Arab Saudi.

Pendiri Masjid Dian Al Mahri atau dikenal Masjid Kubah Emas di Depok, Jawa Barat, Dian Djuriah Rais tutup usia, Jumat (29/3/2019). Dian adalah sosok di balik bangunan ikonik di Depok ini.

Baca Juga: Punya Usaha Sukses di Singapura dan Arab Saudi, Mendiang Pengusaha Perempuan Banten Ini Pernah Jelaskan Alasannya Bangun Masjid Berlapis Emas di Depok

Pemilik Masjid Kubah Emas, meninggal dunia
tribunnews

Pemilik Masjid Kubah Emas, meninggal dunia

Dian disebutkan membangun masjid berdasarkan spontanitas. Saat jalan-jalan ke suatu daerah dan melihat masyarakat membutuhkan masjid, secara spontan Dian akan membantu pembangunan masjid di daerah tersebut.

Salah satu yang paling terkenal adalah Masjid Dian Al Mahri yang dibangun pada 2001 dan selesai pada 2006.

Masjid Dian Al Mahri dengan luas 8.000 meter persegi berdiri di lahan seluas 70 hektar, membuatnya menjadi masjid dengan lahan terluas di Jabodetabek.

Baca Juga: Yuk Kenali Sosok Pemilik Masjid Kubah Emas yang Wafat Pada Hari Ini

Masjid Kubah Emas Depok
Instagram/kurniawan_dony

Masjid Kubah Emas Depok

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest