Follow Us

Pejabat Saling Lempar Tanggung Jawab, Sampah Kali Bahagia Bekasi Bikin Laut Jawa Kian Menderita. Mengapa Kita Masih Tega Kotori Lautan?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 02 Agustus 2019 | 09:30
Sampah menyesaki sampah di Kali Bahagia, Bekasi, Jawa Barat berkilomenter panjangnya.
Vitorio Mantalean/Kompas.com

Sampah menyesaki sampah di Kali Bahagia, Bekasi, Jawa Barat berkilomenter panjangnya.

Fotokita.net - Staf Bidang Jejaring Inovasi Pelayanan Rakyat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Syamsul Akbar turun ke Kali Bahagia pada Senin (29/7/2019).

"Langsung Pak Deputi menugaskan kami memantau dan mencari masalah apa sehingga terjadi hal ini. Kami mencari solusi, kalau bisa secepatnya diselesaikan. Kalau tidak, dampaknya panjang. Setiap ada berita sampah, itu terus untuk kita cepat tindak lanjuti untuk diselesaikan cepat. Kita tahu, sampah hal yang tidak menarik sama sekali buat wisatawan dan masyarakat setempat," ujar Syamsul, selepas rapat mendadak dengan unsur Kelurahan Bahagia.

Baca Juga: Ayo Hidup Hemat Sampah, Foto-foto Berikut Tunjukan Betapa Mengenaskannya Keadaan Sampah Kita

Sampah menyesaki Kali Bahagia di Bekasi.
Vitorio Mantalean/Kompas.com

Sampah menyesaki Kali Bahagia di Bekasi.

Dalam kunjungannya, Syamsul menyusuri sekitar 200 meter Kali Bahagia yang dipenuhi sampah anorganik rumah tangga. Ia pun berencana mempertemukan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari Dinas LH dan PUPR, Satpol PP, sampai Perum Jasa Tirta (PJT) II selaku pengelola lahan di sekitar Kali Bahagia.

"Sesegera mungkin. Kita mau kita gerak cepat," tutupnya. Selasa keesokan harinya, Dinas LH dan PUPR beserta Satpol PP Kabupaten Bekasi akhirnya bertemu dalam satu forum di Kantor Bupati Bekasi. Mereka menelurkan tiga rencana aksi. Jangka pendeknya, melakukan aksi “keroyok sampah” pada Kamis (1/8/2019).

Baca Juga: Olah Sampah Jadi Energi Listrik, Foto-foto ini Jadi Bukti TPA Banowo Panutan TPA Se-Indonesia

Jangka panjangnya, harus dilakukan pembongkaran 204 bangunan liar yang berdiri di bantaran Kali Bahagia yang notabene berada dalam pengelolaan Perum Jasa Tirta II.

Upaya pembersihan sampah yang menyesaki Kali Bahagia, Bekasi, Jawa Barat.
Vitorio Mantalean/Kompas.com

Upaya pembersihan sampah yang menyesaki Kali Bahagia, Bekasi, Jawa Barat.

Sayangnya, langkah terobosan staf Luhut Binsar Panjaitan itu tak langsung dieksekusi di lapangan. Perum Jasa Tirta II dan Satpol PP yang bertugas membongkar bangunan liar, justru saling tunggu.

"Kami tidak punya kewenangan publik untuk membongkar. Pembongkaran kan ada prosedur," kata Fembri Setiawan, General Manager Wilayah I PJT II saat ditemui di aksi keroyok sampah Kali Bahagia, Kamis.

Source : Kompas.com

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest