Follow Us

Akankah Susi Pudjiastuti Tetap Menenggelamkan Kapal Pencuri Ikan? Susinisasi Terbukti Jadikan Indonesia Juara di Pentas Dunia!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 31 Juli 2019 | 15:39
Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti
instagram/susipudjiastuti115

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti

Fotokita.net - Tak lama lagi masa kerja Kabinet Kerja di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan berakhir. Sebab, kabinet yang diumumkan pertama kali pada 26 Oktober 2014 ini mengikuti masa kemimpinan presiden selama lima tahun.

Dari komposisi menteri yang terdiri 34 orang (empat menteri koordinator dan 30 menteri), ada seorang menteri yang terhitung menonjol dalam hal pencapaian kinerja dan sorotan media massa maupun media sosial. Apa yang dikerjakan oleh menteri ini kerap menjadi perbincangan hangat di media sosial ataupun media massa.

Baca Juga: Berhasil Usir Kapal Asing, Mampukah Menteri Susi Pudjiastuti Keluarkan Indonesia dari Daftar Penyumbang Sampah ke Laut Nomor Dua Dunia?

Dengan gebrakan pertama menindak tegas kapal-kapal pencuri ikan di laut wilayah Indonesia, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti langsung memikat perhatian publik. Namanya kian mentereng ketika kinerja tanpa lelahnya itu terbukti secara angka dalam rupiah. Artinya, pendapatan negara meningkat selama masa tugasnya yang sudah empat tahun lebih.

Hal ini diketahui saat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menilai hasil dari laporan keuangan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Menurut BPK RI, KKP meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangannya tahun 2018.

Menteri Susi menyatakan pencapaian itu tak lepas dari upaya KKP untuk terus melakukan efisiensi anggaran dalam empat tahun terakhir, salah satunya melalui kebijakan Susinisasi.

Baca Juga: Tak Pernah Lelah Beraksi Demi Lingkungan, Menteri Susi Pudjiastuti Pamerkan Sepatu Baru dari Daur Ulang Sampah Plastik. Lihat Fotonya!

 Susi Pudjisatuti bersama Tito Karnavian dan aparat lainnya  saat menandatangani MoU di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019)
Twitter/@fxjims

Susi Pudjisatuti bersama Tito Karnavian dan aparat lainnya saat menandatangani MoU di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019)

"Hasilnya, dalam empat tahun terakhir KKP dapat mengembalikan Rp 9,3 triliun kepada negara. PNBP naik dari Rp 150 miliar saat awal saya menjadi menteri, sekarang sudah jadi Rp 600 miliar lebih," kata Susi dalam siaran pers, Rabu (12/6/2019).

"Pajak juga naik dari sebelumnya tak sampai Rp 300 miliar, sekarang sudah Rp 1,5 triliun,” ucapnya.

Susi mengakui, masih banyak PR yang harus dilakukan dalam efisiensi dan efektivitas anggaran. Hal ini akan terus diupayakan oleh KKP ke depannya.

Source : Kompas.com

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest