Follow Us

Penelitian Ini Kuatkan Asal Muasal Tanaman Ganja Berasal dari Dataran Tinggi Ini. Apa Buktinya?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 24 Juli 2019 | 06:31
Ladang ganja.
iStockphoto

Ladang ganja.

Fotokita.net – Ganja menjadi salah satu produk tanaman yang mengandung zat psikotropika yang terlarang di Indonesia. Artis dan figur publik harus berurusan dengan pihak kepolisian lantaran kedapatan menyimpan atau mengonsumsi ganja. Kabar paling baru, artis peran Jefri Nichol yang diamankan oleh polisi di rumahnya. Ia kedapatan menyimpan ganja dengan berat sekitar 6 gram.

Menurut penelitian ahli purbakala, manusia telah menghisap ganja sejak 2500 tahun lalu. (Lihat bukti visualnya secara lengkap di sini).

Di dataran tinggi Tibet, terdapat Danau Qinghai yang merupakan danau terbesar di seluruh Cina. Berdasarkan studi yang dipublikasikan pada jurnal Vegetation History and Archaeobotany, para peneliti yakin wilayah dataran tinggi itu merupakan asal dari tanaman ganja.

Baca Juga: Punya Tampang Imut, Jefri Nichol Pernah Jadi Kelinci Percobaan dalam Pemotretan Eksklusif untuk Majalah Remaja Pria Legendaris Ini. Lihat Foto-fotonya!

Ganja untuk penyakit bronkitis
The Lung Institute

Ganja untuk penyakit bronkitis

Perjalanan mencari asal usul ganja merupakan proses yang panjang dan menyulitkan. Salah satu tantangan terbesar adalah karena kelompok tanaman bernama Humulus (hop) berbagi bentuk serbuk sari yang serupa dengan Cannabis (ganja) di catatan fosil. Alhasil, sangat susah untuk membedakan keduanya.

Karena teka-teki inilah, John McPartland dari University Vermont, beserta rekannya, memutuskan untuk mencari tahu wilayah asal ganja dengan cara terbaru.

Mereka mengumpulkan 155 studi mengenai fosil serbuk sari, kemudian menggunakan tanaman lain sebagai proksi untuk menebak dari genus mana ia berasal.

Baca Juga: Bukti Visual Penggalian di Makam Kuno Cina Ini Nyatakan Manusia Isap Ganja Sejak 2500 Tahun Silam

Sebagai contoh, beberapa tanaman hanya tumbuh di samping Cannabis di stepa–seperti Artemisia. Sementara sisanya tumbuh bersama dengan Humulus.

Ladang ganja.
iStockphoto

Ladang ganja.

Source : IFL Science

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest