Follow Us

Bukti Visual Penggalian di Makam Kuno Cina Ini Nyatakan Manusia Isap Ganja Sejak 2500 Tahun Silam

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 24 Juli 2019 | 06:18
Penampakan ganja yang ditanam di ruangan.
Metro

Penampakan ganja yang ditanam di ruangan.

Fotokita.net – Pada Selasa, (23/7/2019), terbetik kabar artis peran Jefri Nichol dikabarkan ditangkap oleh Polres Metro Jakarta Selatan terkait kasus narkoba. Hal ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.

"Ya, betul ditangkap," ujar Argo saat dihubungi Kompas.com, Selasa (23/7/2019). Argo membenarkan jika polisi telah melakukan tes urine kepada yang bersangkutan. Berdasarkan hasil tes, Jefri dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba. "Ya (positif konsumsi narkoba)," sebut Argo.

Rupanya dari keterangan resmi pihak polisi, Jefri Nichol kedapatan menyimpan ganja di rumahnya. Polisi menemukan barang bukti ganja di dalam rumah Jefri Nichol dengan berat sekitar 6 gram.

Baca Juga: Punya Tampang Imut, Jefri Nichol Pernah Jadi Kelinci Percobaan dalam Pemotretan Eksklusif untuk Majalah Remaja Pria Legendaris Ini. Lihat Foto-fotonya!

Ganja
iStockphoto

Ganja

Apabila kita melihat sejarah, manusia telah mengisap ganja sejak ribuan tahun silam. Proses penggalian yang dilakukan pada makam kuno Cina membuktikan bahwa manusia sudah mengisap ganja sejak 2.500 tahun lalu.

Para peneliti menemukan jejak tetrahydrocannabinol (THC)–bahan kimia psikoaktif dalam ganja–di pemakaman Jirzankal, pegunungan Pamir dekat Himalaya.

Diduga mereka menggunakan ganja agar mengalami high saat melakukan ritual pemakaman. Itu dianggap dapat memudahkan mereka untuk berkomunikasi dengan arwah.

Baca Juga: Tak Mau Kalah dengan Kompetitor, Sony Siapkan Hape Berkamera 10x Zoom

Tanaman ganja.
Raja Umar

Tanaman ganja.

Tanaman ganja mulai ditanam di Asia Timur untuk mengambil serat dan biji berminyaknya sejak 4.000 SM. Namun, tidak diketahui dengan pasti sejak kapan manusia memanfaatkan tanaman tersebut demi zat psikoaktifnya.

Jejak THC pada sumbu kayu di delapan kuburan di pemakaman Jirzankal ditemukan oleh para ilmuwan dari Chinese Academy of Sciences dan Max Planck Institute.

Source : The Independent

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest