Foto Tampang Bripda Randy Bagus Digeledah Propam Ramai Dibahas, Respons Kapolri Jenderal Listyo Sigit Bikin Netizen Terkejut

Minggu, 05 Desember 2021 | 14:45
Facebook

Foto Bripda Randy Bagus sengaja disebarkan. Netizen langsung mengadukan kasus Novia Widyasari mahasiswi Universitas Brawijaya ke Kapolri.

Fotokita.net - Foto tampang Bripda Randy Bagus, mantan kekasih Novia Widyasari yang digeledah anggota Propam Polda Jawa Timur (Jatim) ramai dibahas netizen di media sosial. Respons Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bikin netizen terkejut.

Perkembangan kasus Novia Widyasari yang bunuh diri dengan cara menenggak racun di sisi makam ayahnya di Mojokerto, Jawa Timur terus mendapat pengawalan dari netizen. Setelah tagar#SAVENOVIAWIDYASARI trending, berikutnya tagar#JusticeForNoviaWidya kemudian menggema di media sosial. Netizen meminta kasus ini diusut tuntas.

Novia Widyasari nekat mengakhiri hidupnya dengan menenggak racun jenis potasium yang dicampur teh di atas makam sang ayah. Polisi menemukan sisa racun dalam sebuah botol plastik di sebelah mayat korban.

Nama Bripda Randy Bagus kemudian menjadi perbincangan hangat di medsos karena disebut-sebut menjadi penyebab Novia Widyasari bunuh diri. Bripda Randy Bagusadalahmantan kekasih Novia Widyasari.

Terkini, Bripda Randy Bagus sudah diamankan Polres Mojokerto dan terancam sanksi dipecat. Saking geramnya, netizen menyebarkan foto tampang Bripda Randy Bagus digelegadh Propam Polda Jatim. Bahkan, ada netizen yang langsung mengadukan kasus Novia yang tercatat sebagai mahasiswi Sastra Inggris Universitas Brawijaya ini ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Respons Kapolri di Twitter bikin netizen terkejut.

Baca Juga: Foto Mahasiswi Brawijaya Disorot Staf Jokowi, Bripda Randy Kekasih Novia Widyasari Resmi Jadi Tersangka

Bripda Randy Bagus (21) ditahan oleh Polda Jatim. Sejumlah foto tampang Randy Bagus sebelum ditahan disebarkan di media sosial. Dalam foto itu, Randy tampaktengah diperiksa oleh anggota Propam Polda Jatim.

Randy terlihat mengenakan baju kemeja berwarna putih dan celana panjang berwarna hitam. Dia terlihat tengah duduk dan diperiksa oleh sejumlah petugas kepolisian.

Dari pemeriksaan sementara, Bripda Randy Bagus mengaku menjalin hubungan dengan Novia Widyasari sejak 2019. Pada 2020 dan 2021, Bripda Randy Bagus mengaku telah melakukan aborsi terhadap kandungan Novia Widyasari menggunakan obat Cytotec.

Kasus ini juga mendapat sorotan netizen. Di media sosial, beredar kabar bahwa Novia Widyasari sebelumnya diperkosa oleh Bripda Randy Bagus hingga kemudian hamil.

Bripda Randy Bagus disebut kemudian memaksa Novia Widyasari menggugurkan kandungannya. Keluarga Bripda Randy Bagus juga disebut menekan dan mengintimidasi korban.

Baca Juga: Foto Novia Widyasari Bikin Hati Netizen Remuk, Ternyata Kondisi Mahasiswi Brawijaya Sudah Tertekan Sebelum Dihamili Anggota Polisi

Facebook

Foto Bripda Randy Bagus sengaja disebarkan. Netizen langsung mengadukan kasus Novia Widyasari mahasiswi Universitas Brawijaya ke Kapolri.

Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Hadi Supraptoyo, mengungkapkan NW mengakhiri hidupnya di area makam di Dusun Sugian, Desa Japan, Kecamatan Suko, Kabupaten Mojokerto, dengan menenggak racun. Berdasarkan hasil labfor, racun yang digunakan adalah potasium. "Sedangkan barang bukti yang untuk menggugurkan [kandungan] adalah sikotek," lanjutnya.

Lebih lanjut, Randy akan dikenakan pasal pidana dan sanksi kode etik. Terkait sanksi kode etik, sudah diatur dalam Perkap Nomor 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik, yaitu dijerat dengan Pasal 7 dan 11. "Sedangkan untuk yang kode etik adalah Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) dan ini adalah hukuman terberat," ungkapnya.

Sementara untuk pasal pidana, Randy akan dijerat Pasal 348 Juncto 55. "Kita akan menerapkan pasal-pasal tersebut kepada anggota yang melakukan pelanggaran sehingga tidak pandang bulu, dan hari ini yang terduga sudah diamankan di Polres Mojokerto Kabupaten," tuturnya.

Tak hanya Randy, polisi juga telah memeriksa keluarganya. Polisi pun membuka peluang melakukan pengejaran terhadap pihak yang menjual obat aborsi.

Baca Juga: Foto Jasad Novia Widyasari Dipeluk Ibunda di Sisi Makam Ayahnya Viral, Mahasiswi Mojokerto yang Nekat Tenggak Sianida Sempat Istighfar

Facebook

Foto Bripda Randy Bagus sengaja disebarkan. Netizen langsung mengadukan kasus Novia Widyasari mahasiswi Universitas Brawijaya ke Kapolri.

Desakan agar kasus diusut tuntas dan transparan serta menindak tegas Bripda Randy Bagus juga mengalir. Desakan salah satunya datang dari Kompolnas.

"Kami berharap hukuman tegas perlu diterapkan kepada oknum anggota, agar yang bersangkutan jera dan sebagai peringatan bagi anggota-anggota lainnya untuk tidak melakukan tindak kejahatan seperti ini," ujar Komisioner Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti kepada wartawan, Minggu (5/12/2021).

Kantor Staf Presiden (KSP) memberikan perhatian khusus terhadap kasus tewasnya mahasiswi Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Novia Widyasari, usai menenggak racun di atas makam sang ayah. Terlebih, polisi bernama Bripda Randy Bagus diduga menjadi penyebab Novia Widyasari nekat mengakhiri hidupnya.

Deputi V KSP Jaleswari Pramodhawardani turut meyakini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan mengambil langkah-langkah terkait penanganan kasus ini. Jadi fakta sesungguhnya akan terbuka ke publik.

"Saya yakin Kapolri telah mengambil langkah-langkah terkait penanganan kasus ini agar fakta dapat diungkap, penegakan hukum dilakukan, dan rasa keadilan warga tidak terganggu," ujar Jaleswari dalam keterangan tertulis, Minggu (5/12/2021).

Baca Juga: Olah TKP 15 Menit, Foto Mahasiswi Korban Aksi Bejat Dosen Unsri Beredar, Kampus Temukan Kejanggalan Ini

Twitter

Foto Bripda Randy Bagus sengaja disebarkan. Netizen langsung mengadukan kasus Novia Widyasari mahasiswi Universitas Brawijaya ke Kapolri.

Tagar #JusticeForNoviaWidya menggema di lini masa media sosial. Polri pun berjanji akan mengusut tuntas kasus bunuh diri Novia Widyasari (23) yang diduga melibatkan anggota Polres Pasuruan, Bripda Randy Bagus, itu.

"Tindak tegas baik sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) untuk di PDTH (pemecatan tidak dengan hormat) dan proses pidana sesuai pelanggaran yang dilakukan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Minggu (5/12/2021).

Dedi menerangkan Polri selalu berkomitmen menindak tegas anggota kepolisian yang terbukti bersalah. Sanksi yang dilakukan kepada anggota, kata Dedi, sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. "Polri terus komitmen akan melakukan tindakan tegas kepada anggota yang terbukti bersalah," ungkap Dedi.

Seperti diketahui, Novia Widyasari nekat mengakhiri hidupnya dengan menenggak racun jenis potasium yang dicampur teh di atas makam sang ayah. Polisi menemukan sisa racun dalam sebuah botol plastik di sebelah mayat korban. "Polri terus komitmen akan melakukan tindakan tegas kepada anggota yang terbukti bersalah," ungkap Dedi.

Baca Juga: Foto Mahasiswi UPN Veteran Jakarta yang Tewas Saat Pembaretan Menwa Beredar, Ibunda Korban Ungkap Fakta Mengejutkan

Facebook

Foto Bripda Randy Bagus sengaja disebarkan. Netizen langsung mengadukan kasus Novia Widyasari mahasiswi Universitas Brawijaya ke Kapolri.

Akun Twitter Ayang Utriza Yakin mengunggah ucapan terima kasih atas jawaban Kapolri atas kasus almarhum Novia Widyasari.

"Terima kasih u/ jawaban Bapak Kapolri @DivHumas_Polri YM. Jenderal @ListyoSigitP atas kasus alm. Novia Widyasari. Bapak, rakyat sungguh ingin melihat keadilan ditegakkan di bumi pertiwi NKRI yg kita cintai bersama ini. Rakyat memohon Randy dipecat, ditangkap dan diadili," tulisnya.

Unggahan Ayang yang meminta pimpinan polri menindaklanjuti kasus Novia Widyasari Rahayu direspons oleh Kapolri setelah unggahannya nge-tag akun Twitter Listyo Sigit Prabowo. Juga Divisi Humas Polri.

"Terima kasih informasinya, saat ini permasalahan sedang dalam penanganan Polda Jawa Timur dan akan segera disampaikan kepada masyarakat hasilnya. Salam Presisi," ujar Listyo dalam akun twitternya @ListyoSigitP, Sabtu (4/12/2021).

Ayang bahkan mengunggah foto Randy Bagus berseragam polisi, disandingkan dengan poto ayah Randy yang menurut Ayang menjabat sebagai anggota DPRD Mojokerto. Randy sendiri bertugas di Polres Pasuruan.

Baca Juga: Mahasiswi Nekat Tenangkan Pedemo di Dekat Istana Negara, Jokowi Malah Blusukan ke Kalimantan, Buruh Meradang: Katanya Presiden dari Rakyat...

Twitter

Foto Bripda Randy Bagus sengaja disebarkan. Netizen langsung mengadukan kasus Novia Widyasari mahasiswi Universitas Brawijaya ke Kapolri.

Instagram

Foto Bripda Randy Bagus sengaja disebarkan. Netizen langsung mengadukan kasus Novia Widyasari mahasiswi Universitas Brawijaya ke Kapolri.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya