Baru Sebulan Jabat Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono Berduka Lihat Foto Anggotanya Terkapar di Tol Cikampek, Ini Kronologinya

Minggu, 31 Oktober 2021 | 19:25
Facebook

Foto anggota polisi yang tergeletak tak berdaya di Tol Cikampek tersebar luas di media sosial. AKBP Argo Wiyono menjelaskan kronologinya.

Fotokita.net - AKBP Argo Wiyono baru sekitar sebulan terakhir menjabat sebagaiKasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya. Namun, saat mengemban amanah baru, AKBP Argo Wiyono berduka melihat foto anggotanya terkapar di Tol Jakarta-Cikampek. Ini kronologinya.

AKBP Argo WiyonoSH, SIK, MSi dikenal sebagai perwira menengah yang sarat prestasi. Sebelum mengemban posisi baru, Argo Wiyono pernah menjabat sebagaiKasat Patwal Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Argo Wiyono yang tercatat sebagai anggota Batalyon Tantya Sudhirajati saat menjalani pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) ini memang malang melintang menjalani beragam penugasan di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Perwira menengah yang dikenal rama ini telah memangku sejumlah jabatan. Sebut saja, Kanit STNK Samsat Jakarta Barat, Kanit STNK Samsat Depok, Kassubag Diapers Bagdalpers Biro SDM Polda Metro Jaya, dan Kapolsek Kelapa Gading Polrestro Jakarta Utara.

Dengan prestasinya yang moncer, Argo Wiyono mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan karirnya. Dia mendapatkan kepercayaan pimpinan untuk mengisi pos yang terhitung bergengsi,Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya sejak awal September 2021.

Baca Juga: Innalillahi, Foto Polantas Tewas Mengenaskan di Tol Cikampek Tersebar Luas, Nyawa Polisi Hilang Gegara Sopir Truk Bikin Kesalahan Sepele Ini

Seperti kita ketahui, jabatan Kasubdit Gakkum adalah unsur pelaksana pada Dit Lantas yang berada di bawah Dir Lantas. Pemangku jabatan ingin memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut:

1. Membina pelaksanaan penegakkan hukum termasuk tata tertib lalu lintas oleh satuan pelaksana dalam lingkungan Polda.

2. Bertanggung jawab kepada Dir Lantas dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah kendali Wadir Lantas.

3. Dalam melaksanakan tugas kewajiban dibantu oleh :

A. Kepala Seksi Kecelakaan Lalu Lintas (Kasi Laka)

B. Kepala Seksi Pelanggaran Lalu Lintas (Kasi Gar)

C. Kepala Seksi Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli Lalu Lintas (Kasi Turjawali).

D. Kepala Unit Penyidikan Kecelakaan (Kanit Idik Laka)

Baca Juga: Foto Istri Kapolres Tebing Tinggi Pamer Uang Terlanjur Viral, Anak Buah Kapolda Sumut Akui Narasi yang Beredar, Gaji Perwira Polisi Jadi Sorotan

Facebook

Foto anggota polisi yang tergeletak tak berdaya di Tol Cikampek tersebar luas di media sosial. AKBP Argo Wiyono menjelaskan kronologinya.

Dengan memangku jabatanKasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, beban tugas yang diemban Argo Wiyono memang tak main-main. Sebab,Jakarta dengan status kota metropolitan tentu memiliki kompleksitas permasalahan lalu lintas yang tinggi.

"Kami terus melakukan upaya persuasif agar masyarakat pengguna jalan tetap tertib di jalan. Keselamatan yang paling utama," kata mantan Kasat Patwal Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya ini.

Tak mudah mengurai permasalahan lalu lintas seperti kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan, terlebih dengan makin membesarnya volume kendaraan yang melintas. Namun demikian, berbagai upaya dilakukan Polri dan stakeholder lainnya dalam mengurangi angka pelanggaran.

Argo kemudian memberikan salah satu contohnya, Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). "Jadi masyarakat kita tipikalnya lebih baik berdebat dengan Polisi pada saat diberikan teguran dari pada harus membayar sidang," ucap jebolan Akpol tahun 2003 ini.

"Untuk itu diharapkan dengan adanya titik-titik ETLE yang ada di Jakarta ini tidak ada lagi interaksi dengan petugas, kecuali dimasa-masa tertentu pada saat operasi misal seperti tren-tren berkembang seperti balap liar sehingga tidak cukup dengan ETLE, " katanya.

Baca Juga: Tugas Polantas Disebut Tak Perlu Menilang Lagi, Wanita Ini Galau Usai Terima Surat Tilang Elektronik Salah Alamat

Facebook

Foto anggota polisi yang tergeletak tak berdaya di Tol Cikampek tersebar luas di media sosial. AKBP Argo Wiyono menjelaskan kronologinya.

Itu sebabnya,mau tidak mau harus dibubarkan dengan peran serta upaya represif. Tapi represifnya ini dengan humanis. Intinya dengan penindakan ETLE si pelanggar mau mengakui kesalahannya secara ikhlas agar menjadi pengingat bahwa suatu saat mereka tidak mengulangi kembali.

Namun ditengah kesibukannya bertugas dibagian penegakan hukum, Argo mengaku selalu meluangkan waktu untuk keluarga. "Kalau saya intinya di hari libur tentu saya menghabiskan waktu bersama keluarga," katanya.

Di sela-sela kesibukan waktu sama keluarga sangat penting. Tapi terkadang tidak semua hari libur bisa dipakai, terkadang hari libur masuk buat kegiatan yang lebih penting tentu kita akan dahulukan dan utamakan.

"Hak memang diberikan tapi terkadang kewajiban jika kita tidak laksanakan potensi kerawanannya akan sangat besar. Karena kita harus mengendalikan, mengarahkan dan mengawasi anggota di lapangan," bebernya. Karena itu, tugas sebagai seorang Kasubdit Gakkum melaksanakan penjagaan dan pengaturan lalu lintas adalah makanan sehari-harinya.

Baca Juga: Foto Kapolres Tebing Tinggi Jadi Sorotan, Kelakuan Istri Perwira Polisi Pamer Duit di TikTok Bikin Kapolda Sumut Beri Ancaman Ini

Facebook

Foto anggota polisi yang tergeletak tak berdaya di Tol Cikampek tersebar luas di media sosial. AKBP Argo Wiyono menjelaskan kronologinya.

Menurut dia, petugas di lapangan melaksanakan secara konsisten dan dapat memberhentikan pengemudi kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran terlihat (kasat mata) secara langsung.

"Sebetulnya di Sub Direktorat Penegakan Hukum ada tiga hal yakni permasalahan laka lantas, kedua masalah pelanggaran seperti tilang dan yang ketiga yaitu penertiban. Sekarang dimasa pandemi ini kita ada tambahan tugas yakni melaksanakan protokol kesehatan," tuturnya.

Pria kelahiran Nganjuk ini menambahkan, saat ini pihaknya sedang menjalankan beberapa program yang sudah diberikan olehnya. "Saat ini kami lagi giat mensosialisasikan anti merokok saat berkendara. Karena menurut saya berekendara sambil merokok sangat mengganggu konsenterasi. Sehingga masyarakat harus lebih paham, dimana ada istilah tertib berlalu lintas adalah cermin budaya bangsa, Negara bisa maju jika dilihat dari cara berkendara," ucapnya.

"Pernah pak Kapolda bercerita kapan Indonesia bisa maju seperti Belanda dan Jepang yang dimana polisi lalu lintasnya sangat jarang, karena semua sudah tertib oleh kamera CCTV sehingga tidak perlu lagi keberadaan polisi lalu lintas," sambungnya.

Baca Juga: Foto Kapolres Pasuruan Kini Banyak Dicari, Perwira Polisi yang Kebanjiran Aduan Warga Bekasi Gegara Parkir Gratis Indomaret

Baru sebulan menjabatKasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono berduka melihat foto anggotanya terkapar di jalan Tol Jakarta-Cikampek. Foto anggota polisi yang bertugas sebagai pengawal rombongan ini tersebar luas di media sosial.

Polisi yang tampak tak berdaya di tengah jalan Tol Cikampek itu bernama Iptu Dwi Setiawan. Anggota polisi ini dikabarkan meninggal duniaterlindas truk saat dia menjalan tugas, mengawal tim supervisi Polda Metro Jaya ke Bekasi, Jawa Barat.

Korban yang merupakan anggota Satuan Patroli dan Pengawalan (Satpatwal) Polda Metro Jaya mengalami kecelakaan di kilometer 13.400 Tol Jakarta arah Cikampek, Kamis (28/10/2021). Melihat foto anggotanya terkapar di Tol Cikampek, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengungkap kronologi peristiwa nahas itu.

Argo Wiyono mengatakan korban saat itu tengah mengawal rombongan tim supervisi Polda Metro Jaya yang akan melaksanakan kegiatan di Bekasi, Jawa Barat. Lalu, meminta truk masuk jalur kiri yang semula berada di kanan.

Baca Juga: Foto Kapolsek Kutalimbaru yang Dicopot Gegara Aib Anak Buah Muncul, Polisi Ungkap Fakta Mengejutkan

Facebook

Foto anggota polisi yang tergeletak tak berdaya di Tol Cikampek tersebar luas di media sosial. Argo Wiyono menjelaskan kronologinya.

"Kecelakaan di kilometer 13.400. Sedang dinas pengawal rombongan tim supervisi Polda yang akan laksanakan kegiatan di Bekasi. Meninggal di tempat," ujar Argo saat dikonfirmasi, Jum'at (29/10/2021).

Akibatnya, korban mengalami luka di kepala. Helm yang dikenakan anggota tersebut pecah. Argo Wiyono mengatakan jenazah korban sudah dimakamkan.

Menurutnya, Almarhum Iptu Dwi Setiawan dikenal sebagai sosok polisi yang baik, disiplin dalam menjalankan tugas di kepolisian. "Saya bertugas bersama-sama Iptu DS pada saat menjabat Kasat Pamwal Ditlantas dan saya rasa beliau adalah orang yang sangat berdedikasi tinggi dalam tugasnya. Setiap tugas yang diberikan selalu selesai 'Mengawali, Menyertai dan Mengakhiri'," kenang Argo.

Bahkan, saat kegiatan pengamanan demo maupun antisipasi balap liar beliau sangat aktif dalam pelaksana tugas di lapangan. "Hal itu untuk mewujudkan Kamseltibcar lantas di Ibu Kota Jakarta. Di luar itu beliau juga sosok orang yang rajin beribadah," ucapnya.

Baca Juga: Nasi Sudah Jadi Bubur, Foto Aib Kapolsek Nunukan Terlanjur Viral, Polisi yang Dipukuli AKBP Syaiful Anwar Akui Sudah Lakukan Kesalahan Fatal Ini

Facebook

Foto anggota polisi yang tergeletak tak berdaya di Tol Cikampek tersebar luas di media sosial. AKBP Argo Wiyono menjelaskan kronologinya.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya