Terkuak! Foto Kendaraan Pelaku Pembunuhan di Subang, Emosi Suami Korban yang Meluap Dikulik, Ini Fakta Sebenarnya

Sabtu, 18 September 2021 | 14:33
Facebook

Tuti Suhartini (kiri) dan Yosef Hidayah (kanan). Emosi suami korban pembunuhan di Subang yang meluap dikulik, pakar ekspresi mengungkap fakta sebenarnya.

Fotokita.net - Foto kendaraan yang digunakan terduga pelaku pembunuhan di Subang, Jawa Barat terkuak. Sementara itu, emosi suami korban pembunuhan yang meluap dikulik. Pakar ekspresi mengupas fakta sebenarnya.

Pada Sabtu (18/9/2021) kasus pembunuhan di Subang sudah menginjak satu bulan. Hitungan ini didasarkan pada waktu penemuan jasad Tuti Suhartini (55) dan Amalia Mustika Ratu (23) yang menjadi korban pembunuhan sadis itu.

Pembunuhan di Subang bukan hanya membuat geger warga setempat, tetapi kabar ini sudah menyita atensi netizen Tanah Air. Mereka begitu penasaran dengan hasil kerja polisi yang terus berupaya keras menyibak misteri pembunuhan ibu dan anak itu.

Agar mempercepat pengungkapan kasus pembunuhan terus jadi perbincangan itu, Polri mengutus timBadan Reserse Kriminal (Bareskrim) untuk membantu penyidik Polda Jawa Barat dan Polres Subang. Kini, tim gabungan mulai menunjukkan hasil yang sigfinikan.

Foto kendaraan yang digunakan terduga pelaku pembunuhan di Subang terkuak. Foto ini berdasarkan rekaman CCTV yang sudah menjadi bagian dari penyelidikan tim Bareskrim, Polda Jawa Barat dan Polres Subang.

Polisi optimis dalam waktu dekat pelaku pembunuhan di Subang dapat segera dirilis lantaran bukti-bukti kuat sudah dikantongi.

Baca Juga: Foto Yoris Jadi Tempat Debat, Wajah Takut Suami Korban Pembunuhan di Subang Disorot, Pakar Ekspresi: Ada Sosok Lain

Dalam laporan terbarunya, Polrimengungkapkan penyidik telah menyimpulkan mereka merupakan korban pembunuhan berencana. Pelaku pembunuhan di Subang disebut memakai 2 jenis kendaraan ini.

"Kasus tindak pidana pembunuhan berencana ya, penyidik menyimpulkan kasus ini merupakan tindak pidana pembunuhan dan direncanakan. Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, di kantornya, Jakarta Selatan (Jaksel), Jumat (17/9/2021).

Ramadhan mengatakan hal itu diketahui setelah penyidik melakukan analisis. Menurutnya, penyidik telah memeriksa sejumlah saksi hingga mengecek rekaman CCTV di TKP.

"Penyidik sudah bekerja dengan menggunakan analisis-analisis. Analisis yang dilakukan dari pemeriksaan-pemeriksaan terhadap saksi-saksi. Kemudian dilakukan analisis menggunakan CCTV. CCTV itu mengarah pada CCTV di mana beberapa kendaraan yang dilalui sehingga mendekat dengan TKP," ucapnya.

Ramadhan mengatakan ada 55 CCTV yang diperiksa penyidik. CCTV tersebut tersebar dari Kota Bandung menuju TKP pembunuhan di Subang. Dari rekaman itu, penyidik melihat kesesuaian antara keterangan-keterangan saksi dengan CCTV.

Baca Juga: Pengacara Yosef Unggah Foto Suami Korban, Pelaku Pembunuhan di Subang Disebut Pakai 2 Jenis Kendaraan Ini

TVoneNews

Foto kendaraan terduga pelaku pembunuhan di Subang yang diungkap polisi.

Dari kecocokan keterangan saksi dan rekaman CCTV, kata Ramadhan, penyidik menduga pelaku pembunuhan menggunakan mobil Avanza putih dan motor NMAX biru. Ramadhan menyebut hanya ada 26 unit NMAX berwarna biru yang ada di Subang untuk mengerucutkan terduga pelaku.

"Dari kesesuaian itu, hanya sementara ini ada dugaan bahwa diduga pelaku menggunakan kendaraan jenis Avanza warna putih. Artinya, kalaupun dia pelaku, ada hubungannya dengan kejadian tersebut. Kemudian dengan satu kendaraan lagi adalah kendaraan sepeda motor NMAX warna biru," tutur Ramadhan.

Ramadhan mengatakan pelaku pembunuhan meninggalkan jejak di TKP berupa helm yang tertinggal. Nantinya, sampel DNA pada helm itu akan dicocokkan dengan DNA milik para calon tersangka.

"Ada beberapa barang bukti yang tertinggal, seperti helm. Di sana dari helm tersebut kita sudah mendapatkan sampel dari helm yang tertinggal. Tinggal kita mencari sampel pembanding dari orang-orang yang nanti akan diduga sebagai tersangka," ucapnya.

Pihak TVOnenews yang mendapatkan dokumen secara eksklusif menyebutkan,sedikitnya polisi memeriksa rekaman dari 20 kamera pengawas, ditambah kamera Area Traffic Control System atau ATCS milik Dinas Perhubungan setempat.

Baca Juga: Foto Yoris dengan Tulisan Cuma Punya Nyawa Banjir Komentar, Unggahan Kakak Korban Pembunuhan di Subang Sebelum Kejadian Dicurigai, Netizen: Aneh

TVOnenews

Foto kendaraan terduga pelaku pembunuhan di Subang yang diungkap polisi.

Data CCTV yang diperiksa adalah yang berada di sepanjang jalur menuju rumah korban di Kampung Ciseuti, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang.

Dari analisis CCTV, diketahui bahwa ada dua kendaraan yang dipakai terduga pelaku pembunuhan. Yakni Toyota Avanza berwarna putih dan kendaraan roda dua, Yamaha Nmax berwarna biru.

Motor dikendarai oleh dua orang yang memakai helm kuning dan rumah. Sementara Avanza menggunakan aksesori khusus di beberapa bagiannya. Saat ini kepolisian tengah mengumpulkan data pemilik kendaraan dengan ciri-ciri tersebut.

Selama satu bulan, polisi sudah menyita banyak barang bukti dari tkp serta memeriksa 25 saksi. Pada Kamis (16/9/2021), Yosef beserta istri mudanya, Mimin kembali menjalani pemeriksaan. Bagi Yosef ini pemeriksaan untuk yang kesepuluh kalinya. Fakta terbaru adalah mengenai bercak darah pada jakef Yosef.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago menyatakan kalau bisa saja saksi akan bertambah.

"Mengerucut saksi-saksi yang kiranya akan mengarah kepada ditemukannya tersangka ini sedang didalami. Oleh karena itu sekarang masih dalam konteks penyelidikan," kata Erdi A Chaniago saat dihubungi, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: Foto Amalia Mustika Ratu Ditangisi, Polisi Didesak Tetapkan Pelaku Pembunuhan di Subang dengan Cara Pengungkapan Misteri Kematian Angeline Bali

Facebook

Emosi suami korban pembunuhan di Subang yang meluap dikulik, pakar ekspresi mengungkap fakta sebenarnya.

"Sementara masih dikembangkan, dipelajari bukti-bukti yang sudah didapat selama ini kemudian mereka evaluasi dan terus penyelidikan."

Mengenai Yosef yang sudah diperiksa berulang kali, Erdi menegaskan bahwa kuantitas pemanggilan pada Yosef bukan berarti dia akan jadi tersangka.

Erdi menyatakan kalau Yosef sering dipanggil untuk diperiksa, semata-mata hanya untuk kepentingan penyidikan.

"Bukan berarti yang bersangkutan dipanggil terus menjadi tersangka, tidak. Tetapi ada pengembangan-pengembangan informasi, misalnya ditemukan barang bukti kemudian disinkronkan, itu yang kami dalami," katanya.

Psikolog sekaligus pakar mikro ekspresi Poppy Amalya, menjadi satu di antara orang yang menaruh perhatian pada kasus tersebut. Wajah takut suami korban pembunuhan di Subang disorot.Bahkan, secara khusus Poppy Amalya membuat konten dengan menjelaskan analisisnya mengenai ekspresi ketiga pria yang dekat dengan korban.

Di antaranya, Yosef selaku ayah dan suami korban, Yoris sebagai anak tertua, dan Dicky sebagai kekasih korban Amalia. Terungkap ada perbedaan yang tercermin dari wajah ketiganya saat memberikan keterangan terkait kasus tersebut.

Baca Juga: Foto Dalang Perampokan Toko Emas di Medan Beredar, Pelaku Pembunuhan di Subang Jadi Sorotan

Emosi suami korban pembunuhan di Subang yang meluap dikulik, pakar ekspresi Poppy Amalya mengungkap fakta sebenarnya.

Beberapa waktu lalu, Dicky sempat buka suara saat diwawancara oleh tvOne. Dicky menjelaskan terkait detik-detik sebelum Amel meregang nyawa.

Selain itu, ia juga memberikan alasan terkait keputusannya membuat akun Intagram korban menjadi privat setelah kasus tersebut. Dicky juga bercerita kalau beberapa jam sebelum Amel meregang nyawa, dia masih bermain game melalui ponselnya

Diketahui, Amel mengirimkan pesan terakhir ke Dicky pukul 22.47, sementara sang ibu diperkirakan tewas pada pukul 01.00 WIB. Di sisi lain, alasan Dicky membuat privat akun Instagram Amel semata-mata agar foto-fotonya tidak dimanfaatkan banyak orang.

Terkait penjelasan Dicky ini, Poppy melihat kekasih Amalia ini tampak tenang. "Dia terlihat begitu tenang. Tidak ada pengulangan kalimat dan menceritakan dengan lancar," jelas Poppy.

"Dia melakukan privat terlebih dahulu, karena tadi ya, dikhawatirkan banyak orang memanfaatkan foto-foto tersebut," imbuhnya.

Baca Juga: Foto CCTV Ungkap Pelaku Buang Sesuatu di Tempat Ini, Paranormal Unggah Video Gaib yang Sebut Dalang Pembunuhan di Subang

Facebook

Tuti Suhartini (kanan) dan Yosef Hidayah (kiri). Emosi suami korban pembunuhan di Subang yang meluap dikulik, pakar ekspresi mengungkap fakta sebenarnya.

Poppy menyoroti mimik muka dan semua detail ekspresi Yoris saatmenceritakan kondisi rumah orangtuanya setelah pembunuhan.

"Yoris menjelaskan begitu tenang ya. Walaupun menunduk, karena ada pengalaman emosional," kata Poppy dikutip dari kanal YouTube-ya, Kamis (16/9/2021).

Dari pernyataan Yoris, dikonfirmasi bahwa pembunuhan tersebut bukan semata-mata karena uang atau perampokan.

Pasalnya, harta benda di rumah tersebut tidak ada yang hilang.

Setelah itu Poppy menganalisis saat Yoris menceritakan awal mula pengelolaan Yayasan Bina Prestasi Nasional yang sebelumnya dikelola sendiri ayahnya dengan istri muda.

Saat itu Yoris sempat menyebut kata 'istri muda' dengan ekspresi tertawa kecil.

Menurut Poppy, di situ dapat dilihat ada sedikit konten.

"Yoris seolah agak sedikit menertawakan (istri muda) atau gambarannya kurang begitu suka karena dia mengambil alih begitu menikah dengan ayahnya, langsung jadi bendahara," ujar Poppy.

Baca Juga: Foto Anak Korban Jadi Imam Istigosah Banjir Komentar, Paranormal Bongkar Identitas Pelaku Pembunuhan di Subang

Facebook

Tuti Suhartini (kiri) dan Yosef Hidayah (kanan). Emosi suami korban pembunuhan di Subang yang meluap dikulik, pakar ekspresi mengungkap fakta sebenarnya.

Diketahui, Yosef selaku suami dan ayah korban sempat mengangkat istri mudanya menjadi bendahara di yayasan miliknya.

Namun, nama istri muda tidak masuk dalam struktur organisasi kepengurusan secara resmi. Poppy lantas menyoroti bagian saat Yoris menutup mata saat menceritakan sedikit tentang istri muda ayahnya tersebut.

"Matanya ditutup, tidak sanggup melihat kenyataan papanya jatuh cinta dan menikah lagi," ujar Poppy.

Sebelumnya, Poppy Amalya juga melihat bahwa Yosef beberapa kali tertangkap menunjukkan ekspresi ketakutan. Momen tersebut tertangkap saat Yosef saat itu menceritakan detik-detik ia mencari anak dan istri.

"Pada saat bilang takut, dia melihat ke bawah. 'Coba tolong dilihat' dia mengarahkan dengan mengekspresikan takut. 'Udah gitu saya lapor ke kapolsek' ditanya lagi sama wartawan 'jadi belum ditemukan?' ia mengatakan dengan penekanan tubuh menandakan bahwa kalimat tersebut adalah benar dan ia ingin menekankan."

"'Saya belum menemukan' (kata Yosef), lalu matanya terpejam dengan erat dan memperlihatkan wajah takut," kata Poppy.

Baca Juga: Foto Anak Korban Jadi Imam Istigosah Banjir Komentar, Paranormal Bongkar Identitas Pelaku Pembunuhan di Subang

Facebook

Kegemaran Yosef bermain golf tampaknya menular ke Yoris. Foto anak korban pembunuhan di Subang main golf bareng ayahnya beredar.

Tak hanya ekspresi takut, kata-kata yang keluar dari mulut Yosef juga tersendat hingga membuatnya mengulang kata agar jelas.

Adapun kata yang diulang adalah disangka dan prasangka. Menurut Poppy hal tersebut berkaitan dengan emosi yang meluap sehingga ucapan yang dikeluarkan dapat tidak jelas atau terpotong.

"'Di mana anak saya karena disang-' sulit mengeluarkan suara, melihat ke bawah lagi, 'disang, prasangka' dia mengulangi kata itu, sampai memperbaiki kata itu," ujar Poppy.

Poppy juga menyoroti pemilihan kata Yosef saat menjelaskan kunci rumah. Hal itu dirasa janggal lantaran Yosef seolah telah menjelaskan bahwa ada pihak ketiga.

"Biasanya kalau orang menjelaskan tersebut dia menjelaskan satu orang tapi dia menggunakan kata 'ada yang diambil'."

"Berarti di sini beliau menggunakan kata ganti kedua pada saat menjelaskan peristiwa tersebut seperti ada sosok lain," ungkap Poppy.

Baca Juga: Tak Ada Kejahatan yang Sempurna, Mbah Mijan Turun Gunung Ungkap Pelaku Pembunuhan di Subang, Foto Anak Korban Menjerit Disorot: Allahu Akbar!

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya