6 Potret Nyeleneh Budhi Sarwono, Bupati Banjarnegara yang Jarang Pakai Masker Hingga Persilakan Warganya Gelar Hajatan

Minggu, 20 Juni 2021 | 10:22
Instagram Budhi Sarwono

Foto Budhi Sarwono, Bupati Banjarnegara yang mempersilakan warganya menggelar hajatan di tengah kasus Covid-19 melonjak.

Fotokita.net - Sosok Budhi Sarwono, Bupati Banjarnegara menjadi perhatian usai mempersilakan warganya menggelar hajatan. Orang nomor satu Banjarnegara ini pun jarang pakai masker saat difoto. Intip potret nyeleneh sang bupati.

Baru-baru ini sebuah videoaksi oknum aparat keamanan yang dianggap represif saat membubarkan acara kuda lumping di Banjarnegara, Jawa Tengah. Merespon video viral itu,Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwonomengeluarkan pernyataan jika warganya boleh menggelar hajatan atau kegiatan yang mengumpulkan massa.

Menurut Budhi Sarwono, kegiatan masyarakat harus tetap berjalan meski di tengah kondisi pandemi Covid-19. Meki begitu, harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga: Dibohongi Anaknya Sendiri, Ayah Raffi Ahmad Ternyata Sempat Lakukan Ini Sebelum Meninggal dalam Posisi Bersujud

Budhi Sarwono menyebut tindakan oknum aparat itu yang justru menciptakan resistensi di masyarakat. “Saya berpesan kepada masyarakat, Pak Bupati bertanggung jawab sepenuhnya untuk kegiatan pengajian, olahraga, kesenian, monggo jalan terus. Tapi jangan lupa, protokol kesehatan harus dilaksanakan, jangan sampai tidak,” ungkap Budhi Sarwono, Jumat (18/6/2021).

Sontak kebijakan Budhi Sarwono menjadi sorotan publik. Pasalnya, kebijakan itu diambil ditengah kasus Covid-19 di Jawa Tengah mengalami peningkatan.

Baca Juga: Ogah Hapus Tato Meski Sudah Berhijrah, Foto Terkini Lawan Main Krisdayanti Ini Bikin Syok, Istrinya Pasrah

Meski begitu, Budhi Sarwono mengatakan jika kebijakan itu dianggap sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Saya berpegang pada Inpres Nomor 6 Tahun 2020 dan aturan tentang PPKM Mikro (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, red),” kata Budhi, saat dikonfirmasi Sabtu (19/6/2021).

Disampaikan Budhi Sarwono, dengan kebijakan itu masyarakat tidak perlu khawatir saat hendak membuat kegiatan dengan mengundang massa. Sebab, aparat yang datang nantinya hanya berkapasitas mengedukasi masyarakat agar sesuai protokol kesehatan.

Baca Juga: Kasus Baru Corona Melonjak, Denny Darko: Semua Orang Akan Kena, Obatnya Cuma Satu

Izin menggelar keramaian, lanjut Budhi, juga pasti diberikan pemerintah selama desa atau wilayah tersebut tidak masuk kategori zona merah.

“Gugus tugas pasti mengizinkan, pemerintah hadir bukan untuk membubarkan tapi untuk mengedukasi tentang protokol kesehatan. Tolong agak minggir ya, pakai masker ya, begitu,” ujar dia.

Sementara terkait dengan perkembangan kasus Covid-19 di daerahnya, Budhi mengaku masih terkendali. Oleh karena itu, belum diperlukan tindakan penyekatan, work from home (WFH) atau penerapan jam malam.

Baca Juga: Fadli Zon Dikabarkan Meninggal Dunia Karena Corona, Ini Faktanya

Instagram Budhi Sarwono

Foto Budhi Sarwono, Bupati Banjarnegara yang mempersilakan warganya menggelar hajatan di tengah kasus Covid-19 melonjak.

“Ya kita harus waspada, sementara masih kami lihat perkembangannya, selama belum ada temuan (varian delta, red) ya masih berpegang pada aturan terakhir,” ungkapnya.

Budhi Sarwono termasuk pejabat daerah yang rajin mengunggah foto-foto kegiatan sehari-harinya di media sosial, khususnya Instagram.

Meski belum mendapat verifikasi tanda centang biru dari Facebook, akun Instagram @budhisarwono diikuti lebih dari 18.200 followers.

Baca Juga: Sudah Lama Pensiun, Mantan Gubernur DKI Jakarta Ini Dikabarkan Meninggal Dunia, Begini Faktanya

Dalam foto-foto yang dipamerkan, sejak masa pandemi, Budhi Sarwono terlihat jarang memakai masker. Kalau pun memakai masker, Budhi Sarwono kerap menurunkannya ke bagian dagu.

Belakangan ini, Budhi Sarwono tampak makin jarang memakai masker saat difoto. Itu sebabnya, salah seorang netizen bertanya melalui kolom komentar. "Boleh tanya ga.. kl di daerah banjarnegara, apakah sdh bs keluar rumah tanpa masker?" tanya akun @zivana_noni. Sayangnya, pertanyaan ini tak mendapat respon dari Budhi Sarwono.

Lantas, siapakah Budhi Sarwono yang persilakan warganya menggelar hajatan di tengah pandemi Covid-19 yang kembali mengganas?

Baca Juga: Foto Sarita Abdul Mukti Buka Hijab Bikin Heboh, Netizen: Masya Allah!

Instagram Budhi Sarwono

Foto Budhi Sarwono, Bupati Banjarnegara yang mempersilakan warganya menggelar hajatan di tengah kasus Covid-19 melonjak.

Budhi Sarwono lahir pada 27 November 1962 dengan nama Kho Wing Chin / Wing Tjien. Ia adalah keturunan Tionghoa.

Sebelum menjadi bupati, Budhi tercatat sebagai Ketua Asosiasi Kabupaten PSSI Banjarnegara. Budhi Sarwono juga tercatat sebagai Ketua Umum Asosiasi Aspal Beton Indonesia Jateng, sekaligus pemilik PT Bumirejo Banjarnegara yang bergerak dalam bidang konstruksi.

Sebelum menjadi Bupati, Budhi Sarwono merupakan Dewan Penasehat Gapensi Banjarnegara dan Ketua DPP PITI Indonesia.

Saat Pilkada Banjarnegara 2017, Budhi dan Sayamsudin maju diusung oleh PPP, Partai Demokrat dan Partai Golkar. Paslon ini meraih suara 54,69 persen saat Pilkada serentak 2017.

Baca Juga: Habib Rizieq Sebut Staf Khusus Jokowi Terlibat Penembakan 6 Laskar FPI, Sunan Kalijaga Buru-buru Minta Rahasiakan Hal Ini

Dikutip dari TribunJateng.com, di masa lalu, Budhi Sarwono disebut sebagai pemakai sekaligus bandar narkoba kelas kakap di Purwokerto. Ia selalu bisa lolos dari jeratan hukum. Suatu saat dia mengalami over dosis (OD) dan kemudian mati suri selama 6 jam.

"Kalau ditahan polisi suatu saat bisa kembali pulang, tapi ketika yang menahan malaikat, saya bisa apa. Saya bersyukur mendapat kesempatan kedua," kata Budhi dalam bukunya yang berjudul "Saya Mau Jadi Muslim, Enak Jadi Kulinya Allah, Upahnya Gede".

Baca Juga: 6 Potret Aglonema Harlequin yang Bikin Kita Yakin Harganya Tembus Ratusan Juta

Instagram Budhi Sarwono

Foto Budhi Sarwono, Bupati Banjarnegara yang mempersilakan warganya menggelar hajatan di tengah kasus Covid-19 melonjak.

Peristiwa mati suri tersebut menjadi titik balik kehidupan Budhi sebagai mualaf sejak 1998. Sejak jadi mualaf Budhi suka mengurus anak-anak kurang mampu.

Dua anak kandungnya telah berkeluarga. Kini Budhi mengasuh dan mengadopsi puluhan anak kurang mampu di Banjarnegara.

Pada Desember 2020, Bupati Banjarnegara menyisir jalan provinsi ruas Banjarmangu hingga pertugaan Gayam Kota Banjarnegara sejauh 6 kilometer.

Ia berinisiatif memperbaiki jalan tersebut karena warga terus mendesak agar jalan yang berlubang segera diperbaiki.

Baca Juga: Bikin Fotografer Emosi, Anji Diperiksa Polisi Karena Kasus Hoaks Obat Corona, Ini Faktanya

"Insyaallah pakai anggaran pribadi. Kami punya kewajiban mau jalan nasional atau provinsi ini kan di wilayah Banjarnegara. Kita sebagai kepala daerah harus peduli," kata Budhi melalui keterangan tertulis, Senin (7/12/2020).

Budhi Sarwono juga pernah memaafkan pemilik akun Facebook Mohamad Taufan Hasyimi alias Ricky Taufan yang telah mendiskreditkan dirinya di media sosial.

Saat itu foto Budhi Sarwono yang ditutup bagian matanya diunggah di media sosial oleh pelaku. Pada foto tersebut juga tertulis "tersangka".

Baca Juga: Unggah Foto Bareng, Ini Sosok Sahabat Deddy Corbuzier yang Disebut Terlibat Penembakan 6 Laskar FPI

Instagram Budhi Sarwono

Foto Budhi Sarwono, Bupati Banjarnegara yang mempersilakan warganya menggelar hajatan di tengah kasus Covid-19 melonjak.

Tulisan berjudul "Trik & Intrik Menjilat Pantat Pemda Setempat oleh Bupati WNA di Wilayah Jawa Tengah" juga diunggah oleh pelaku.

Budhi Sarwono mengaku telah memaafkan dan memaklumi unggahan tersebut. Ia meminta agar yang bersangkutan lebih bijak dalam bermedia sosial.

"Saya memaafkan dan memaklumi kekhilafan anak tersebut, semoga lebih berhati-hati dalam menulis,” kata Budhi.

Baca Juga: Fotonya Banjir Pujian, 6 Hal Sepele Ini Bikin Sofa Kulit Makin Awet dan Terawat Apik

Budhi mengatakan pemuda tersebut diduga mengalami gangguan jiwa. Hal itu dibuktikan dengan kartu kontrol pada sebuah rumah sakit.

"Ada kartu kontrol, kartu pasien jiwa di sebuah rumah sakit. Jadi sepertinya ia ada kelainan," tandas Budhi Sarwono.

Baca Juga: Banyak yang Tak Sadar, 6 Faktor Ini Jadi Penyebab Warna Ikan Cupang Memudar

Instagram Budhi Sarwono

Foto Budhi Sarwono, Bupati Banjarnegara yang mempersilakan warganya menggelar hajatan di tengah kasus Covid-19 melonjak.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Sumber : Kompas.com, TribunJateng.com

Baca Lainnya