Follow Us

Akhirnya Prediksi Ahok Terbukti, Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Mau Direlokasi, Tapi Dilarang Sosok Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 04 Maret 2023 | 17:38
Petugas dan relawan mengevakuasi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Ahok sempat berencana merelokasi warga.
Istimewa

Petugas dan relawan mengevakuasi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Ahok sempat berencana merelokasi warga.

Fotokita.net - Korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara ternyata sempat akan direlokasi. Saat menjabat Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sempat memberikan prediksinya. Namun, rencana relokasi warga dilarang sosok ini.

Kebakaran hebat terjadi pada Jumat (3/3/2023) sekitar pukul 20.11 WIB. Pertamina mengonfirmasi bahwa kebakaran di Depo Plumpang terjadi pada bagian pipa. Pemadam kebakaran telah mengerahkan 250 orang personel untuk memadamkan api itu.

Kebakaran maut itu juga menewaskan belasan orang di kawasan permukiman padat. Hingga siang ini tercatat ada 16 korban meninggal dunia akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau titik awal munculnya api kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Jenderal Listyo Sigit menjelaskan bahwa kebakaran Depo Pertamina Plumpang terjadi saat dilakukan pengisian BBM jenis pertamax di lokasi.

"Jadi sementara yang bisa kita jelaskan pada saat kejadian kemarin kurang lebih jam 20.00 WIB sedang terjadi pengisian atau penerimaan minyak jenis pertamax dari Balongan diterima di Depo Plumpang," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023).

Pada saat proses pengisian BBM pertamax tersebut, terjadi gangguan teknis di lokasi. Hal itu menyebabkan munculkan tekanan kuat dan lantas terjadi kebakaran.

"Kemudian terjadi suatu gangguan teknis yang kemudian mengakibatkan tekanan berlebih. Setelah itu, didapati peristiwa terbakar," ujarnya mantan Kapolda Banten tersebut.

Kebakaran hebat yang melanda Depo Pertamina Plumpang juga melalap permukiman warga sekitarnya.
Istimewa

Kebakaran hebat yang melanda Depo Pertamina Plumpang juga melalap permukiman warga sekitarnya.

Jenderal Sigit menjelaskan tim gabungan Polri masih mendalami sumber api yang memicu kebakaran. Jajaran Polri mengumpulkan saksi hingga rekaman kamera pengawasan di Depo Pertamina Plumpang.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir berbicara mengenai bahaya bagi warga yang tempat tinggalnya berdekatan dengan kilang minyak hingga listrik. Erick mengatakan, ke depan, dia akan menata ulang lokasi BUMN yang menjadi kawasan objek vital.

"Jadi memang sejak awal kita sampaikan kepada seluruh BUMN yang masuk jadi kawasan objek vital, saya rasa tidak hanya kilang, tapi juga pupuk yang seperti saya tinjau di Sumatera Selatan buffer antara titik keamanan, dan tentu titik daripada masyarakat masih terlalu dekat," kata Erick setelah meninjau lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023).

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular