Follow Us

Ini Cara Foto yang Bagus Pakai Mode Manual di Smartphone, Cobain Yuk!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 21 Februari 2023 | 23:44
Membuat foto yang bagus bisa memakai mode manual di smartphone. Ini cara mudahnya.
Istimewa

Membuat foto yang bagus bisa memakai mode manual di smartphone. Ini cara mudahnya.

Fotokita.net - Untuk menghasilkan foto yang bagus, kita dapat memakai mode manual di smartphone kesayangan. Cobain yuk!

Teknologi dan kemampuan kamera smartphone terus meningkat. Bahkan, kita saat ini dapat menemukan fitur-fitur kamera DSLR di smartphone.

Sekalipun begitu, masih banyak pengguna yang belum mengetahui fungsi dan fitur-fitur yang ditawarkan mode kamera pro dan lebih senang memotret dengan mode auto.

Itu sebabnya, artikel ini menjelaskan fitur-fitur yang ada di kamera smartphone guna mempercantik jepretan dengan efek-efek kreatif.

Jadi tidak hanya jago memotret dengan mode auto, kita juga bisa membuat foto yang bagus dengan memakai mode manual di smartphone.

ISO

Ketika mengaktifkan mode manual pada aplikasi kamera smartphone, tentu Anda akan menemukan fitur bernama ISO. Sederhananya ISO merupakan komponen yang mengatur tingkat sensivitas lensa kamera terhadap cahaya. Dengan kata lain, semakin tinggi ISO maka semakin tinggi pula tingkat sensitivitas lensa terhadap cahaya.

Saat kita memotret objek dalam kondisi cahaya yang cukup, kita bisa mengatur ISO serendah mungkin untuk mengurangi noise.

Sementara jika kita mengambil objek dalam kondisi minim cahaya, kita bisa mengatur ISO ke tingkat yang lebih tinggi agar objek terlihat, meski biasanya kualitas gambar dihasilkan jadi mengandung banyak noise.

Mengatur ISO bisa dilakukan dengan mode manual di Smartphone.
Istimewa

Mengatur ISO bisa dilakukan dengan mode manual di Smartphone.

Itu artinya, ISO yang tinggi dapat meningkatkan kontras pada sebuah gambar dimana dalam situasi atau kondisi tertentu ini akan membawa keuntungan. Foto di atas adalah contoh pengambilan foto dengan ISO yang berbeda-beda.

Baca Juga: 5 Cara Foto Bokeh dengan Modal Smartphone, Bisa Pakai Fitur Khusus

Halaman Selanjutnya

Shutter speed
1 2 3 4

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest