Follow Us

5 Cara Foto Bokeh dengan Modal Smartphone, Bisa Pakai Fitur Khusus

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 17 Februari 2023 | 23:59
Foto bokeh dengan bermodalkan smartphome. Begini cara membuatnya.
Instagram

Foto bokeh dengan bermodalkan smartphome. Begini cara membuatnya.

Fotokita.net - Foto bokeh selalu dicari pemburu gambar estetik. Untuk membuatnya, kita bisa menggunakan beberapa cara ini dengan bermodalkan smartphone kesayangan. Salah satunya, pakai fitur khusus.

Bokeh background atau efek bokeh adalah sebuah efek dalam dunia fotografi yang tidak pernah gagal untuk membuat kagum para pecinta dan penikmat fotografi.

Hal itu karena efek ini mampu memberikan kedinamisan, estetika, serta pesona yang indah dari sebuah foto.

Namun, tahukah Anda apa itu bokeh? Serta kapan foto bokeh dilakukan dan diaplikasikan serta tema fotografi seperti apa yang Anda inginkan. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui pengertian bokeh terlebih dahulu.

Apa Itu Efek Bokeh

Tahukah Anda berasal dari mana kata bokeh itu? Bokeh atau boh-keh merupakan kata yang populer di kalangan pecinta dan penikmat fotografi. Bokeh sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti kabur atau kabut.

Efek bokeh adalah efek yang lebih menonjolkan kualitas estetika dari latar belakang yang buram dan berada di area luar fokus gambar Anda.

Karena itu, semakin sempit depth of field, atau semakin besar aperture-nya, maka akan semakin besar pula area yang berada di luar fokus yang bisa Anda dapatkan.

Mengingat yang ditonjolkan pada foto ini adalah kualitas estetikanya, maka foto bokeh cenderung bersifat subjektif sehingga tidak ada kata benar maupun salah pada efek ini.

Namun yang menjadi tolok ukurnya dapat dilihat dari sejauh mana Anda dapat membuat background yang terlihat terpisah dari subjek fotonya sehingga didapatkan kesan mendalam yang unik.

Baca Juga: 5 Cara Foto Bokeh di Smartphone Android, Cuma Pakai 1 Kamera

Waktu Penggunaan Efek Bokeh

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest