Follow Us

Pakai Setting Kamera Begini, Cara Foto Potrait Model Saat Mendung

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 18 Februari 2023 | 23:51
Cara foto potrait model saat mendung, bisa memakai setting kamera seperti begini.
Instagram

Cara foto potrait model saat mendung, bisa memakai setting kamera seperti begini.

Fotokita.net - Bagaimana setting kamera untuk membuat foto potrait model saat mendung di musim hujan? Artikel ini akan menunjukkan cara foto model saat mendung.

Hujan bisa jadi berkah karena pengunjung-pengunjung di tempat wisata biasanya bubar dengan sendirinya hehe.

Jika hujan terlalu deras, sebaiknya menunggu sampai hujan reda, biasanya setelah hujan berhenti, suasana menjadi lebih segar terutama jika kita memotret di lingkungan yang penuh pepohonan seperti di kawasan hutan bakau ini.

Jika hujan tidak reda-reda, payung jadi props, sekaligus melindungi model dari hujan, lebih ideal lagi jika payungnya berwarna cerah seperti merah.

Namanya juga fotografer, tentunya yang penting adalah melihat kualitas dan arah cahaya. Saat mendung, tidak ada sinar matahari langsung (direct light), jadi sifat cahayanya lembut, bagus untuk portrait yang sifatnya untuk menonjolkan kecantikan/beauty.

Arah juga penting, jika model tidak menghadap ke cahaya, maka wajahnya akan gelap. Berkomunikasi dan mengarahkan model terutama yang kurang pengalaman akan jauh meningkatkan kualitas foto.

Fotografer pemula yang mengunakan lensa bukaan besar seperti f/1.8 atau f/1.4 biasanya meremehkan latar belakang, yang terpikir adalah toh, latar belakangnya juga akan blur.

Anggapan tersebut menurut saya kurang tepat, meski latar belakang blur karena bukaan lensa besar, tapi kita tetap harus memperhatikan sampai ke ujung-ujung frame supaya tidak ada yang mengganggu perhatian dari modelnya.

Memang, tidak ada batasan harus mengunakan lensa tertentu untuk portrait, tapi ada beberapa lensa rekomendasi saya lensa dengan focal length ekuivalen 50mm untuk foto model kurang lebih 2/3 body dan juga untuk menangkap latar belakangnya supaya terlihat luas. Idealnya yang berbukaan besar (f/1.4, f/1.8).

Baca Juga: 5 Cara Foto Bokeh di Smartphone Android, Cuma Pakai 1 Kamera

Cara membuat foto potrait model dalam kondisi mendung.
Instagram

Cara membuat foto potrait model dalam kondisi mendung.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest