Follow Us

Profil Ahmad Munasir Dosen UII yang Hilang di Norwegia, Pemilik Gelar Mentereng, Fotonya Disebarkan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 18 Februari 2023 | 20:03
Ahmad Munasir dosen UII pemilik gelar mentereng. Dia dikabarkan hilang di Norwegia.
UII

Ahmad Munasir dosen UII pemilik gelar mentereng. Dia dikabarkan hilang di Norwegia.

Fotokita.net - Seorang dosen Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Ahmad Munasir Rafie Pratama, dinyatakan hilang usai mengikuti kunjungan ke University of South-Eastern Norway di Norwegia. Berikut profil dosen UII pemilik gelar mentereng hingga fotonya disebarkan polisi.

Pada Minggu (12/2/2023), Ahmad dijadwalkan melakukan penerbangan dari Oslo, Norwegia, ke Jakarta melalui Istanbul, Turki. Namun, Ahmad kemudian tidak bisa dikontak.

”Universitas Islam Indonesia (UII) sedang berduka karena salah satu dosennya, Ahmad Munasir Rafie Pratama, belum diketahui keberadaannya setelah mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN),” kata Rektor UII Fathul Wahid dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas, Sabtu (18/2/2023).

Ahmad merupakan dosen Jurusan Informatika UII. Fathul menjelaskan, sejak 5 Februari 2023, tim UII yang terdiri dari empat orang berkunjung ke USN untuk menguatkan kerja sama di antara kedua universitas, dengan dukungan pendanaan dari Uni Eropa melalui skema Erasmus+. Fathul dan Ahmad masuk ke dalam tim yang mengunjungi USN tersebut.

Pada Minggu (12/2/2023), tim UII meninggalkan Norwegia melalui bandara Oslo. Namun, para anggota tim itu terbagi ke dalam tiga penerbangan berbeda.

Berdasarkan komunikasi lisan dengan anggota tim lain, Ahmad dijadwalkan melakukan penerbangan ke Indonesia dengan rute Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta.

Ahmad mengirimkan pesan terakhir kepada istrinya pada 12 Februari 2023 siang, beberapa saat sebelum menaiki pesawat ke Istanbul yang berbunyi: 'menunggu boarding'.

Sejak saat itu, Ahmad tidak pernah mengirimkan pesan lagi. Beragam upaya mengontak melalui beragam kanal daring, termasuk email, diupayakan, tetapi belum satu pun yang direspons oleh Ahmad.

Terdapat jejak aktivitas daring di Turki pada 13 Februari 2023 sekitar pukul 03.00 dan 08.00. Setelah itu, tidak ada jejak daring yang dapat dilacak.

Baca Juga: Bogem Wajah Ade Armando, Foto Alfikri Pria Berpeci yang Dicokok Polisi Beredar, Belum Sempat Lakukan Ini di Rumahnya

Menurut informasi lisan yang diberikan Ahmad dan dikuatkan dengan pesan WhatsApp kepada sang istri, Ahmad akan mendarat dan tiba di Jakarta pada 16 Februari 2023 pukul 18.00 WIB.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest