Follow Us

Ini Foto Sosok Pilot Lion Air yang Senggol Garbarata di Merauke, Punya Pengalaman Begini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 26 Januari 2023 | 15:24
Pilot Lion Air yang mengalami insiden di Bandara Mooah Merauke Papua Selatan.
Istimewa

Pilot Lion Air yang mengalami insiden di Bandara Mooah Merauke Papua Selatan.

Fotokita.net - Bangga Luhur Insani kapten pilot pesawat Lion Air yang menyenggol bagian atas garbarata Bandara Mopah di Merauke, Papua Selatan. Foto sosoknya beredar di jagat maya.

Peristiwa yang terjadi pada Kamis (26/1/2023) mengakibatkan keberangkatan 117 penumpang pesawat Lion Air tertunda. Para penumpang baru akan diberangkatkan kembali pada Jumat (27/1/2023) besok.

Polisi mengatakan sayap pesawat menabrak Garbarata Bandara Mopah saat hendak menuju runway untuk lepas landas. Sayap kanan pesawat menabrak Garbarata.

"Pesawatnya ini mungkin agak kebesaran jadi tidak terlihat dengan pilot kemudian juga mungkin pegawai bandara yang mengatur lalu lintas pesawat ini tempatnya juga harus disiapkan betul," kata Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan.

"Enggak berangkat, pesawat tidak akan berangkat. Dipaksakan bahaya," ujar AKBP Sandi Sultan.

Sandi mengatakan pihak Lion Air memberikan fasilitas penginapan terhadap 117 penumpang yang batal berangkat hari ini. Pihak maskapai juga memberikan tiket baru.

"Lion sudah memberikan kontribusi daripada penumpang, ya menyiapkan fasilitas hotel dan tiket baru, besok pagi baru terbang," ujar Sandi.

Sementara itu, Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, menyampaikan pesawat itu hendak menuju Bandara Sentani Jayapura, Papua (DJJ).

Danang mengatakan sebelum keberangkatan, pesawat tersebut sudah dilakukan pengecekan dan pemeriksaan awal dengan hasil layak dan aman dioperasikan.

Baca Juga: Jalani Tes Urine, Ini Profil Pilot Lion Air yang Alami Insiden di Bandara Merauke, Fotonya Beredar

"Setelah persiapan layanan dan penanganan darat selesai, pesawat bersiap dan mulai bergerak perlahan di area parkir pesawat (apron). Dalam proses itu terjadi hambatan di area sebelah kanan pesawat. Dalam memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot memutuskan untuk kembali ke titik parkir guna dilakukan pemeriksaan," ucap Danang, dalam keterangannya, Kamis (26/1/2023).

Danang mengatakan lekukan ujung sayap pesawat bagian bergesekan dengan bagian luar garbarata bandara. Lion Air dan pihak berwenang tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular