Follow Us

Cara Foto yang Bagus dalam Keadaan Gelap, Pakai Settingan Begini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 25 Januari 2023 | 23:53
Untuk menghasilkan foto yang bagus dalam kondisi gelap, kita bisa memakai settingan kamara seperti ini.
Pixabay

Untuk menghasilkan foto yang bagus dalam kondisi gelap, kita bisa memakai settingan kamara seperti ini.

Fotokita.net - Dalam keadaan gelap, kita ingin dapat menghasilkan foto yang bagus. Biarpun minim cahaya, cara settingan kamera ini bisa digunakan agar gambar yang dihasilkan tidak blur atau buram.

Kebanyakan alasan orang-orang membeli kamera DSLR karena ingin kualitas fotonya meningkat terutama di keadaan cahaya yang gelap.

Kamera DSLR memiliki sensor gambar yang jauh lebih besar dari kamera compact sehingga potensi mendapatkan hasil foto yang bagus jelas lebih besar.

Tapi jika tidak bisa membuat settingan dan mengunakannya dengan baik, maka hasil foto dengan kamera DSLR tidak akan maksimal juga.

Berikut beberapa cara memotret di keadaan cahaya yang cukup gelap, misalnya di dalam ruangan atau saat malam hari.

1. Gunakan ISO tinggi

Saat memotret di kondisi cahaya gelap dan dengan kamera dalam genggaman, sebaiknya mengunakan ISO tinggi sekitar ISO 800-6400 (tergantung tingkat cahaya yang ada).

ISO tinggi akan membuat kualitas foto menjadi kurang baik, tapi jika kondisi cahaya sangat gelap dan kita tidak memiliki alat bantu seperti tripod atau flash, maka satu-satunya cara supaya foto tidak gelap/tidak tajam adalah mengunakan ISO tinggi.

2. Mode Aperture Priority (A atau Av)

Mode kamera yang saya andalkan adalah mode A / Av. Mode ini cukup handal untuk berbagai kondisi, termasuk kondisi cahaya gelap.

Jika Anda cukup berpengalaman, mode Manual (M) juga cukup bagus. Mode A ini cukup praktis. Saat memotret di kondisi cahaya gelap, putar nilai bukaan ke angka yang kecil misalnya f/3.5 atau lebih kecil lagi.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest