Follow Us

Diminta Ikut Autopsi Ulang Brigadir Yosua, Ahli Forensik Polri yang Tangani Kasus Pembunuhan Subang Beri Jawaban Begini, Foto Sosoknya Kembali Ramai Dibahas

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 24 Juli 2022 | 17:08
Dokter Sumy Hastry ahli Forensik Polri yang tangani kasus pembunuhan Subang beri jawaban begini diminta ikut autopsi ulang Brigadir Yosua.
Instagram

Dokter Sumy Hastry ahli Forensik Polri yang tangani kasus pembunuhan Subang beri jawaban begini diminta ikut autopsi ulang Brigadir Yosua.

Fotokita.net - Kombes Sumy Hastry Purwanti menjadi ahli forensik Polri yang melakukan autopsi ulang korban pembunuhan subang, Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu. Dokter Hastry yang dikenal sebagai satu-satunya polwan di Asia yang menyandang gelar ahli forensik.

Dokter Hastry rajin membagikan perkembangan kasus pembunuhan Subang melalui akun media sosial dan kanal YouTube miliknya. Itu sebabnya, dia memiliki banyak penggemar setia di jagat maya. Dokter Hastry pun dikenal sabar melayani komentar para pengikutnya itu.

Ketika diminta ikut autopsi ulang Brigadir Yosua atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, ahli forensik Polri yang tangani kasus pembunuhan Subang itu beri jawaban begini. Foto sosoknya kembali ramai dibahas.

Kadiv Humas Polri Dedi Prasetyo mengatakan, pihaknya sudah menyetujui permintaan pengacara keluarga Brigadir Yosua terkait autopsi ulang jenazah ajudan Irjen Ferdy Sambo. Rencananya, autopsi ulang Brigadir Yosua akan dilakukan pada Rabu (27/7/2022).

Dalam keterangan resminya, Dedi menjelaskan, Polri tak ingin menunda-menunda proses autopsi ulang Brigadir Yosua. Karena jika semakin lama proses ekshumasi terhadap jenazah ditunda, maka jasad Brigadir Yosua semakin mengalami proses pembusukan. Sehingga akan menyulitkan proses jalannya autopsi terhadap tubuh Brigadir Yosua.

"Kalau misalnya jenazahnya sudah lama, maka tingkat pembusukan semakin lebih rusak, kalau semakin rusak maka autopsi ulang atau ekshumasi semakin sulit."

"Informasi yang saya dapatkan dari Katim Sidik Pak Dirtipidum, sebenarnya dari komunikasi dari pidum dengan pihak pengacara ini kalau bisa secepatnya, semakin cepat maka proses ekshumasi ini juga semakin baik," kata Dedi, Jumat (22/7/2022).

Baca Juga: Foto Oknum Banpol Polsek Jalancagak Dibongkar, Ahli Forensik Polri Ungkap Kelemahan Penyidik

Dedi juga menegaskan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkomitmen untuk melakukan proses penyidikan secara transparan dan akuntabel.

"Prinsipnya sesuai dengan komitmen bapak Kapolri proses penyidikan ini kita melibatkan pihak-pihak eksternal tentunya yang expert dibidangnya agar hasilnya betul-betul transparan, akuntabel, dan yang penting bisa dipertanggung jawabkan dari sisi keilmuan," jelas Dedi.

"Kemudian apabila dari pihak pengacara akan menghadirkan orang-orang ekspert yang mungkin ditunjuk dari beberapa rumah sakit itu dipersilakan dan itu semakin bagus ya."

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest