Follow Us

Berani Mati Demi Nyawa Jokowi di Ukraina, Jenderal Kopassus Ini Dimutasi ke Kalimantan, Foto Sosoknya Jadi Sorotan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 30 Juni 2022 | 15:58
Jenderal Kopassus yang berani mati demi menyalamatkan nyawa Jokowi di Ukraina ternyata dimutasi ke Kalimantan.
Facebook

Jenderal Kopassus yang berani mati demi menyalamatkan nyawa Jokowi di Ukraina ternyata dimutasi ke Kalimantan.

Fotokita.net - Mayjen Tri Budi Utomo, komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) menyiapkan segala sesuatu terkait keselataman Presiden Joko Widodo di Ukraina. Jenderal Kopassus yang berani mati demi Jokowi ini malah dimutasi ke Kalimantan. Foto sosoknya jadi sorotan.

Sebelum Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Ukraina, Danpaspampres Mayjen Tri Budi Utomo melakukan sejumlah persiapan untuk mengamankan kepala negara. Jenderal Kopassus ini termasuk pengawal Jokowi yang terus mendampingi sang presiden selama kunjungan di negara yang berkonflik dengan Rusia.

Jenderal bintang dua yang pernah Komandan Sat Gultor 81, salah satu unit elite di Kopassus ini tentu berani mati demi menyelamatkan nyawa Jokowi di Ukraina. Namun, Mayjen Tri Budi Utomo malah dimutasi ke Kalimantan. Foto sosoknya jadi sorotan.

Berbagai persiapan pun telah dilakukan Tri Budi Utomo terkait kunjungan Jokowi di Ukraina dan Rusia. Salah satunya, jenderal Kopassus ini dengan menerjunkan 39 personel Paspampres.

Tri Budi Utomo mengatakan, personel Paspampres yang diterjunkan terdiri dari sejumlah pasukan elite TNI dari Kopassus (TNI AD), Detasemen Jalamagkara/Denjaka (TNI AL), dan Kopaskhas/Kopasgat (TNI AU).

"Paspampres banyak terdiri dari pasukan pasukan khusus juga sehingga Alhamdulillah kita juga tidak terlalu khawatir karena Paspampres ini ada dari Kopassus, ada dari Denjaka, ada dari Paskhas. Alhamdulillah kita percaya diri," kata Tri Budi Utomo.

Tri Budi Utomo menjelaskan personel Paspampres akan dibagi menjadi tiga tim yaitu tim penyelamatan (Matan), Tim Utama (Main Group), dan tim pendahulu (Advance).

Baca Juga: Jadi Saksi Jenderal Dudung Islamkan 150 Warga Timor Timur, Ini Profil Habib Husein Ba'agil, Foto Sang Ulama Diarak Kopassus Viral

"Kalau kita sendiri yang melekat ke beliau ada 19 ditambah yang matan-nya sendiri 10 di sana, berarti 29 ditambah dengan 10 orang yang sudah standby di sana," jelas Tri.

Persiapan pengamanan terkait kunjungan Jokowi juga dilakukan di sektor kelengkapan senjata. Dia mengungkapkan pihaknya telah mempersiapkan helm, rompi, hingga senjata laras panjang untuk mendukung pengamanan. Terkait hal ini, Ukraina pun telah memberikan keleluasan untuk membawa perlengkapan yang diperlukan.

Persiapan maksimal dalam rangka pengamanan presiden diungkap Danpaspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo melalui audio yang dikirimkan kepada wartawan istana.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest