Follow Us

Promosi Jadi Danjen Kopassus, Foto Brigjen Widi Prasetijono Disebut Kembaran Tukul Arwana, Begini Kisah Mantan Ajudan Jokowi

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 23 Januari 2022 | 15:02
Dalam foto lawas, Widi terlihat duduk sebangku dengan Tukul Arwana. Widi dan Tukul terlihat berbincang akrab dalam sebuah acara.
Facebook

Dalam foto lawas, Widi terlihat duduk sebangku dengan Tukul Arwana. Widi dan Tukul terlihat berbincang akrab dalam sebuah acara.

Fotokita.net - Brigjen Widi Prasetijono mendapatkan promosi jabatan sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. Mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menggantikan Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa.

Sebelum mendapatkan promosi jadi Danjen Kopassus, Brigjen Widi Prasetijono menjabat sebagai Kasdam IV/Diponegoro. Foto jenderal TNI yang memulai karier dari Grup 2 Kopassus ini disebut kembaran Tukul Arwana. Begini kisah mantan ajudan Jokowi.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa telah menandatangani surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI, Jumat (21/1/2022).

Dalam salinan surat keputusan yang sampai ke tangan awak media, Andika Perkasa telah menunjuk Brigjen TNI Widi Prasetijono sebagai Danjen Kopassus baru menggantikan Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa.

Teguh Muji yang digantikan Widi kini menjabat sebagai Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cendrawasih. Teguh sebelumnya resmi menjabat Danjen Kopassus sejak 9 Desember 2021 menggantikan Mayjen TNI Mohamad Hasan. Dengan demikian, masa Muji memimpin pasukan elite TNI AD ini terbilang cukup singkat, hanya sekitar 1,5 bulan.

Pergantian posisi di satuan Kopassus bersamaan dengan mutasi terhadap total 328 perwira TNI melalui SK yang sama, termasuk di antaranya untuk posisi Pangkostrad dan Wakasad.

Dalam keterangan tertulis Puspen TNI disebutkan ada 328 pati TNI yang dimutasi termasuk 10 perwira tinggi bintang 3 TNI. Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Prantara Santosa tak membantah SK yang beredar tersebut di mana salah satu isinya berisi soal mutasi Danjen Kopassus.

Baca Juga: Foto Jenazah Serda Miskel Rumbiak Jadi Propaganda Musuh, Jenderal Kopassus Gebrak Meja Gegara Anak Buahnya Ditembak Mati KKB

Lewat SK tersebut juga, posisi Pangkostrad kini diisi Mayor Jenderal Maruli Simanjuntak yang ditinggal Jenderal TNI Dudung Abdurachman karena naik jabatan menjadi KSAD. Sementara, posisi Wakasad diduduki Mayjen Agus Subiyanto. Agus menggantikan posisi Letnan Jenderal Bakti Agus Fadjari yang diangkat menjadi Komandan Jenderal Akademi TNI.

Brigjen TNI Widi Prasetijono merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1993. Pria kelahiran 4 Juni 1971 mengawali karier militernya melalui kesatuan Infanteri Kopassus. Jabatan sebelumnya adalah Kasdam IV/Diponegoro 2020-2022.

Dengan ditunjuk sebagai Danjen Kopassus, Widi mendapatkan promosi jabatan, sekaligus kenaikan pangkat bagi Widi, yang sebelumnya menjabat Kasdam IV/Diponegoro.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest