Follow Us

Foto Jenazah Serda Miskel Rumbiak Jadi Propaganda Musuh, Jenderal Kopassus Gebrak Meja Gegara Anak Buahnya Ditembak Mati KKB

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 21 Januari 2022 | 09:23
Jenderal Kopassus mengecam serangan KKB Papua yang menyebabkan seorang prajurit TNI gugur.  Foto Serda Miskel Rumbiak ditangisi.
Facebook

Jenderal Kopassus mengecam serangan KKB Papua yang menyebabkan seorang prajurit TNI gugur. Foto Serda Miskel Rumbiak ditangisi.

Fotokita.net - Serda Miskel Rumbiak, anggota Yon Zipur 20/PPA gugur usai mendapatkan serangan dari teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Foto jenazah Serda Miskel Rumbiak dijadikan alat propaganda musuh.

Jenderal bintang dua Kopassus yang kini menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa menggebrak meja gegara anak buahnya ditembak mati KKB.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVIII/Kasuari, Kolonel Arm Hendra Pasilerron, menuturkan Serda Miskel merupakan putra daerah asal Raja Ampat. Jenazah Serda Miskel Rumbiak sempat disemayamkan di markas Yonzipur 20 sebelum dimakamkan di tanah kelahirannya, Raja Ampat.

"Yang gugur ini prajurit putra daerah, putra terbaik Papua Barat. Serda Miskel asli Raja Ampat. Jenazah saat ini disemayamkan di Yonzipur 20, besok pukul 06.30 WIT upacara pengantaran jenazah, kami antar ke pelabuhan untuk diseberangkan ke Raja Ampat," kata Hendra.

Kodam XVIII/Kasuari menjelaskan penembakan terjadi pagi tadi, sekitar pukul 08.00 WIT di Distrik Aifat Timur Tengah, Maybrat. KKB menembaki kendaraan milik TNI AD dari ketinggian. "Prajurit yang ke lokasi jembatan itu di truk total 29 dari Batalion 762. Yang di (kendaraan) triton ada 14 orang," kata Hendra sebelumnya.

Hendra menuturkan prajurit TNI setempat memang tengah membangun kembali jembatan yang sebelumnya diputus KKB. Jembatan itu dibangun karena merupakan akses satu-satunya yang menghubungkan Kampung Kamat dengan kampung-kampung lainnya hingga tengah Kota Maybrat.

Pembangunan jembatan permanen dilakukan karena sebelumnya KKB merusak jembatan yang terbuat dari kayu sebanyak dua kali. Bupati Maybrat pun meminta bantuan TNI untuk membangunkan jembatan yang lebih kokoh.

Baca Juga: Gugur Diterjang Peluru KKB, Foto Prajurit TNI Asli Papua Jadi Propaganda Musuh, Kodam Kasuari Buka Suara

"Pascakejadian Kisor, jembatan yang menuju ke kampung itu kan dirusak oleh mereka (KKB). Kemudian kan kami bangunkan jembatan dari kayu. Beberapa saat kemudian kan dipotong lagi sama mereka," ucap Hendra.

"Akhirnya Pak Bupati minta tolong lagi kita untuk bangunkan yang permanen karena jembatan itu merupakan jalan satu-satunya yang menghubungkan kampung dengan tengah kota Maybrat," tambah dia.

Hendra menerangkan sehari-hari, prajurit yang membangun jembatan itu berangkat dari camp pagi hari dan pulang sore harinya. Pagi tadi, tepatnya di pertengahan jalan antara Kampung Faan Kahrio dan Kampung Kamat, Distrik Aifat Timur Tengah, tiba-tiba dua kendaraan TNI diberondong dari arah atas.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest