Follow Us

Pantas Sakit Hati, Begini Penyebab Jenderal Gatot Nurmantyo Didepak, Foto Presiden Jokowi Jalan Kaki di HUT TNI Sempat Heboh

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 27 Juni 2022 | 19:59
Foto Presiden Jokowi jalan kaki di acara HUT TNI 2017 sempat heboh. Peristiwa itu jadi penyebab Jenderal Gatot didepak.
Agus Suparto/Setpres

Foto Presiden Jokowi jalan kaki di acara HUT TNI 2017 sempat heboh. Peristiwa itu jadi penyebab Jenderal Gatot didepak.

Fotokita.net - Jenderal Gatot Nurmantyo didepak dari kursi Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebelum masa jabatan berakhir. Pantas sang jenderal sakit ternyata begini penyebab Jenderal Gatot harus menelan keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada periode pertama pemerintahannya. Foto Presiden Jokowi jalan kaki di HUT TNI sempat heboh.

Jenderal Gatot Nurmantyo menduduki kursi Panglima TNI sejak 8 Juli 2015. Dia menggantikan Jenderal Moeldoko yang memasuki masa pensiun. Namun, sebelum memasuki usia pensiun pada 13 Maret 2018, Jenderal Gatot Nurmantyo didepak dari jabatan tertinggi di tubuh militer Indonesia. Pantas sang jenderal sakit hati.

Sebelum dicopot dari jabatannya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sempat menggelar puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI pada 5 Oktober 2017. Ketika itu, HUT TNI mengambil lokasi di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten. Rupanya, foto Presiden Jokowi jalan kaki di HUT TNI sempat bikin heboh netizen.

Dalam gelaran akbar itu, Jenderal Gatot begitu bangga mengusung tema "Bersama Rakyat TNI Kuat", acara perayaan HUT TNI tersebut berlangsung meriah. Pameran alutista serta beragam aksi dipertontonkan dalam kesempatan tersebut.

Sayangnya, perayaan HUT TNI yang dihadiri oleh Presiden Jokowi diwarnai dengan hal tak terduga. Rupanya, pameran dan sejumlah pertunjukan acara itu menyedot perhatian warga.

Warga terus berdatangan lantas berkumpul di lokasi yang sama untuk larut dalam perayaan HUT TNI itu. Kejadian itu lantas menyebabkan kemacetan yang cukup padat di lokasi perayaan HUT TNI.

Itu sebabnya, Presiden Jokowi yang biasanya terbebas dari kemacetan harus mendapatkan ujian kesabaran. Berada dalam situasi yang tak terduga itu, Presiden Jokowi ternyata enggan tinggal diam.

Baca Juga: ‘Raja Jawa Satu Ini Lebih Sadis dari Soeharto’ Menteri yang Dipecat Jokowi Ini Nyesek Lihat Kondisi Jenderal Gatot, Foto Sosoknya Ramai Dibahas

Ayah Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka itu sampai rela langsung turun dari mobil dinas yang mengangkutnya. Dengan mengenakan jas dan kemeja berdasi, Presiden Jokowi memilih menembus kemacetan dengan berjalan kaki.

Foto Presiden Jokowi jalan kaki di perayaan HUT TNI tahun 2017 sempat heboh di jagat maya. Fotonya beredar luas. Terlebih lagi, ketika jalan kaki, Presiden Jokowi pun menyempatkan diri menyapa masyarakat yang ada di pinggir jalan.

"Ya karena sudah setengah jam saya di mobil, tidak kuat saya. Saya tanya, masih berapa kilo sih? (Dijawab) 3 km Pak. Ya sudah, saya keluar mobil, saya jalan kaki," ujar Jokowi kepada awak media Kompascom di Banten, Kamis (5/10/2017).

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest