Follow Us

‘Raja Jawa Satu Ini Lebih Sadis dari Soeharto’ Menteri yang Dipecat Jokowi Ini Nyesek Lihat Kondisi Jenderal Gatot, Foto Sosoknya Ramai Dibahas

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 27 Juni 2022 | 14:28
Rizal Ramli menteri yang dipecat Presiden Jokowi nyesek melihat kondisi Jenderal Gatot Nurmantyo di acara pernikahan Kahiyang Ayu.
Facebook

Rizal Ramli menteri yang dipecat Presiden Jokowi nyesek melihat kondisi Jenderal Gatot Nurmantyo di acara pernikahan Kahiyang Ayu.

Fotokita.net - Mantan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia, Rizal Ramli tampak nyesek melihat kondisi Jenderal Gatot Nurmantyo semasa menjabat Panglima TNI. Menteri yang dipecat Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sempat melontarkan komentar, "Raja Jawa satu ini lebih sadis dari Soeharto." Foto sosoknya ramai dibahas.

Komentar Rizal Ramli dicatat dengan baik oleh Panda Nababan, politikus kawakan dari PDI Perjuangan. Dalam catatan Panda, menteri yang dipecat Jokowi pada 27 Juli 2016 tersebut berkomentar seperti begitu saat menghadiri pernikahan putri presiden, Kahiyang Ayu.

Presiden Jokowi menggelar respesi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution pada November 2017 di Solo, Jawa Tengah. Ketika itu, sejumlah pejabat teras hadir. Salah satunya, Jenderal Gatot Nurmantyo, yang ketika itu masih menjabat sebagai Panglima TNI. Namun, Rizal yang dipecat Jokowi nyesek melihat kondisi Jenderal Gatot.

Panda Nababan mengungkap perbincangannya dengan Rizal Ramli mengenai kondisi Jenderal Gatot Nurmantyo dalam buku karyanya yang berjudul 'Panda Nababan Lahir Sebagai Petarung: Sebuah Otobiografi, Buku Dua: Dalam Pusaran Kekuasaan'. Panda menyajikan kisah ini melalui bab 'Jenderal Gatot Membuat Kesal'.

Jokowi lahir dan besar di Kota Solo, Jawa Tengah. Ia merupakan sulung dari empat bersaudara. Ketiga adiknya seluruhnya perempuan. Keluarga Jokowi seperti keluarga pada umumnya. Orangtua bekerja keras supaya sekeluarga dapat hidup sejahtera.Namun, orangtua Jokowi bukanlah berasal dari kalangan ningrat. Bukan pula dari kalangan borjuis."Bapak berjuang untuk keluarga dengan berdagang kayu dan bambu di pasar. Ibu sangat gigih membantu Bapak. Setelah selesai masak dan membereskan rumah, ia membantu ke lapak dagang Bapak," ujar Jokowi.

Baca Juga: Foto Patung Soeharto yang Lenyap dari Museum Kostrad Disorot, Ini Respons Panglima TNI Soal Tudingan Komunis Gatot Nurmantyo

Pendapatan yang tidak menentu membuat Jokowi sekeluarga seringkali berpindah dari rumah kontrakan satu ke rumah kontrakan lain yang mampu dibayar oleh sang ayahanda.Strategi itu digunakan demi mendapatkan selisih keuntungan sehingga anak-anak tetap bisa bersekolah. Jokowi sering diyakinkan bahwa sekolah mampu mengubah kehidupan. "Perjuangan dan kerja keras Bapak sangat menginspirasi saya," ujar Jokowi.

Bagi Panda Nababan sosok Jokowi bukanlah orang asing. Dia sudah mengenal Jokowi sejak lama. Sebab, keduanya sama-sama tercatat sebagai kader PDI Perjuangan.

Panda yang mantan wartawan itu rajin mencatat. Dari hasil catatannya, terbitlah sebuah buku yang mengupas tentang kisah-kisah unik di balik politik Tanah Air. Salah satunya, cerita menteri yang Jokowi nyesek lihat kondisi Jenderal Gatot Nurmantyo saat menghadiri acara resepsi pernikahan Kahiyang Ayu.

Dalam buku karyanya, Panda Nababan bercerita awal mula pertemuannya dengan Rizal Ramli, yang sempat menjabat Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia periode 12 Agustus 2015 – 27 Juli 2016. Rizal digantikan Luhut Binsar Pandjaitan.

Panda berjumpa Rizal dalam resepsi pernikahan putri presiden di Solo. Ketika itu, Rizal Ramli meminta Panda Nababan melihat ke arah Jenderal Gatot Nurmantyo. Rizal menunjukkan ke Panda adanya gelagat ketidakharmonisan antara Jokowi dan Gatot.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest