Follow Us

Jawaban Bagaimana Hutan Bakau Dapat Menjeaga Keseimbangan Alam

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 07 Juni 2022 | 23:59
Ini  jawaban bagaimana hutan bakau dapat menjaga keseimbangan alam yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 4 SD tema 4.
Pixabay

Ini jawaban bagaimana hutan bakau dapat menjaga keseimbangan alam yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 4 SD tema 4.

Fotokita.net - Berikut jawaban bagaimana hutan bakau dapat menjaga keseimbangan alam yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 4 SD tema 4 subtema 1 pembelajaran 1.

Betapa tumbuhan sangat besar perannya dalam kehidupan kita. Kehidupan yang nyaman tercipta dengan adanya berbagai tumbuhan penjaga lingkungan di sekitar kita. Selain bermanfaat untuk manusia, tumbuhan juga bermanfaat bagi kehidupan binatang. Salah satu contohnya adalah tanaman bakau.Melindungi pantai dari erosi dan abrasi. Adanya bakau di pesisir pantai bermanfaat untuk menjaga agar garis pantai tetap stabil dan tidak terkikis oleh terpaan ombak. Rumpun -rumpun bakau mampu menyerap energi gelombang yang datang sehingga hanya riak gelombang yang sampai di sisi pantai.Menahan rembesan air laut ke darat.Sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah industri. Selain dapat menjaga daratan, bakau juga memiliki peran penting dalam mengurangi polutan di air laut.Menciptakan udara pesisir yang bersih dan segar. Daun bakau dapat menyerap gas karbondioksida dan melepaskan oksigen ke lingkungan. Dengan demikian, udara di sekitar pantai tetap bersih dan segar.Menjadi habitat alami berbagai biota darat dan laut. Kelestarian hewan laut dan darat seperti udang, kepiting, berbagai jenis ikan, burung, monyet, serta biawak terjaga dengan adanya hutan bakau di pesisir pantai.Mengurangi dampak bencana akibat gelombang laut, seperti badai dan gelombang pasang.

Baca Juga: Jawaban Tulislah Pendapatmu Tentang Sikap yang Diperlihatkan oleh Semut dan Belalang

Mengapa kita harus menjaga kelestarian tanaman bakau? Tanaman bakau memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan.Apa yang terjadi kalau hutan bakau rusak? Jika hutan bakau rusak maka keseimbangan alam akan terganggu.Bagaimana hutan bakau dapat menjaga keseimbangan alam? Jelaskan. Hutan bakau menciptakan udara pesisir yang bersih dan melindungi pantai dari abrasi.Apa saranmu agar hutan bakau tetap lestari? Hutan bakau harus dijaga kelestarianya agar keseimbangan alam dan keselamatan manusia tetap terjaga. Di sekitarmu terdapat sumber daya alam yang harus kamu jaga. Sebutkan dua sumber daya alam yang ada di lingkunganmu dan tulislah paling sedikit tiga kegiatan untuk menjaganya.No Sumber Daya Alam Cara Menjaga1. Tumbuhan Tidak menebang pohon sembaranganMelakukan tebang pilih artinya menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan.Penanaman kembali tanaman yang telah dimanfaatkan atau peremajaan tanamanPemeliharaan tanaman dengan benar2. Hewan Tidak berburu hewan sembaranganMelindungi hewan hewan langkaHewan langka dibudi dayakanMencari alternatif pemanfaatan hewan-hewan langka dengan menciptakan pengganti berbahan sintetis

Baca Juga: Jawaban Makna Sila Pertama dan Contoh-contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest