Follow Us

Jawaban Apa yang Sebaiknya Dilakukan Oleh Petani Teh Agar Tumbuhan Teh Tetap Bertahan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 31 Mei 2022 | 23:54
Ini jawaban apa yang sebaiknya dilakukan oleh petani teh agar tumbuhan teh tetap bertahan soal buku tematik kelas 4 SD tema 4.
Pixabay

Ini jawaban apa yang sebaiknya dilakukan oleh petani teh agar tumbuhan teh tetap bertahan soal buku tematik kelas 4 SD tema 4.

Fotokita.net - Berikut jawaban apa yang sebaiknya dilakukan oleh petani teh agar tumbuhan teh tetap bertahan yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 4 SD tema 4 subtema 1 pembelajaran 1.

Tempat Hidup Tanaman TehSelain segelas air putih, secangkir teh merupakan minuman yang banyak dikonsumsi di berbagai belahan dunia. Di Indonesia tanaman teh tumbuh subur di wilayah pegunungan di seluruh Indonesia.Teh merupakan salah satu tanaman tropis yang tumbuh pada ketinggian antara 200 sampai dengan 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu yang dibutuhkannya untuk dapat tumbuh dengan baik antara 14°– 25°C, yang diikuti oleh cahaya matahari yang cerah. Sinar matahari sangat mempengaruhi pertumbuhan teh. Makin banyak sinar matahari, pertumbuhan tanaman teh akan terhambat. Tanaman teh juga tidak tahan terhadap kekeringan. Curah hujan sangat dibutuhkan tanaman teh.Di Indonesia, perkebunan teh tersebar di beberapa wilayah pegunungan di Pulau Jawa dan Sumatera. Ada pula yang berada pada ketinggian 800–1200 meter di atas permukaan laut. Namun pada ketinggian ini, hasil perkebunannya tidak sebaik hasil dari perkebunan di daerah yang lebih tinggi. Aroma teh yang dihasilkan di sini tidak sewangi teh di perkebunan yang lebih tinggi. Pada ketinggian ini, kebun teh memerlukan pohon pelindung tetap dan memerlukan material penutup tanah untuk menjaga kelembapan tanah.Pohon teh juga berfungsi untuk mencegah terjadinya erosi. Tanaman teh yang ditanam berjajar rapi dengan jarak satu meter menahan derasnya aliran air sehingga tanah tidak terkikis terbawa air. Di balik secangkir teh yang biasa kita minum setiap hari, dapat diketahui bahwa lingkungan mempengaruhi pertumbuhan dan rasa teh. Lingkungan yang tepat akan memberikan hasil yang baikJawablah pertanyaan berikut!

Baca Juga: Jawaban Tuliskan Jenis Pekerjaan yang Beserta Kegiatan Terkait dengan Pekerjaan Tersebut

1. Di mana tanaman teh hidup?

Jawaban:Teh merupakan salah satu tanaman tropis yang tumbuh pada ketinggian antara 200 sampai dengan 2.000 meter di atas permukaan laut.2. Bagaimana caranya agar tanaman teh bisa bermanfaat menahan erosi?

Jawaban:Tanaman teh yang ditanam berjajar rapi dengan jarak satu meter menahan derasnya aliran air sehingga tanah tidak terkikis terbawa air.3. Apa yang terjadi apabila tanaman teh terus menerus dikonsumsi besar- besaran?

Jawaban:Apabila tanaman teh dikonsumsi terus menerus dan secara besar-besaran tanaman teh akan terganggu kelestraiannya.4. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh petani teh agar tumbuhan teh tetap bertahan?

Jawaban:Pengolahan tanah adalah mengusahakan tanah menjadi subur, gembur dan bersih dari sisa-sisa akar dan tunggul, serta mematikan gulma yang masih tumbuh,Dalam penanaman, hal-hal yang harus diperhatikan adalah penentuan jarak tanam yang tepat, pengajiran, pembuatan lubang tanam, teknik penanaman dan penanaman tanaman pelindung yang diperlukan.

Baca Juga: Jawaban Tuliskan Pendapatmu Tentang Konflik yang Terjadi Kelas 4 SD

Ini jawaban apa yang sebaiknya dilakukan oleh petani teh agar tumbuhan teh tetap bertahan soal buku tematik kelas 4 SD tema 4.
kyhddohani89/pixabay

Ini jawaban apa yang sebaiknya dilakukan oleh petani teh agar tumbuhan teh tetap bertahan soal buku tematik kelas 4 SD tema 4.

5. Apa yang dapat kamu lakukan agar tanaman teh tidak cepat habis dan tanah yang digunakan untuk menanam tetap subur?

Jawaban:Setiap tanaman yang kita konsumsi harus dijaga kelestariannya. Tanaman teh dapat dijaga kelestarianya dengan pemberian pupuk dan perawatan tanaman yang teratur.Buatlah peta pikiran yang berisikan informasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam bagi manusia.Banyak masyarakat yang menikmati teh. Akan tetapi, tahukah kamu tentang proses pembuatan teh? Amati gambar di bawah ini!Memetik TehGambar apa yang kalian lihat? (Perkebunan teh, pemetik teh) (Apa tugas masing-masing pekerja tersebut?). Untuk mengolah teh menjadi minuman, banyak jenis pekerjaan yang terlibat. Ada penanam teh, pemetik teh, penggiling daun teh dan pengemas teh.Penanam teh bertugas menanam tanaman teh ketika perkebunan mulai ditanami.Pemetik teh bertugas memetik teh yang ada di kebun tehPengolah teh bertugas mengolah teh di dalam pabrikPengemas teh bertugas memasukan teh kedalam kemasan yang siap untuk dijual.

Baca Juga: Jawaban Sikap yang Baik dan Kurang Baik dalam Cerita Taman Bermain yang Hilang

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest