Follow Us

Aa Gym Terangkan Soal Syahid Akhirat, Malaikat Bertanya Begini Ke Orang yang Mati Tenggelam, Foto Ridwan Kamil Hanyutkan Setangkai Bunga Bikin Mewek

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 04 Juni 2022 | 09:49
Eril anak Ridwan Kamil yang hanyut di Sungai Aare Swiss dinyatakan mati syahid akhirat. Aa Gym beri penjelasan begini.
Facebook

Eril anak Ridwan Kamil yang hanyut di Sungai Aare Swiss dinyatakan mati syahid akhirat. Aa Gym beri penjelasan begini.

Fotokita.net - Pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhid KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym menerangkan maksud dari status syahid seseorang yang meninggal dalam keadaan tenggelam. Malakait bertanya begini ke orang yang mati tenggelam. Foto keluarga Ridwan Kamil hanyutkan setangkai bunga bikin mewek.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah kembali ke Indonesia. Dalam perjalanan pulang, Ridwan Kamil terlihat begitu berduka. Bahkan, salah satu netizen sempat merekam kesedihan Kang Emil, sapaan akrabnya, saat melakukan transit di Bandara Dubai, Uni Emirat Arab.

Dalam rekaman yang viral di media sosial, Ridwan Kamil terlihat berjalan menunduk sembari menggeret kopernya. Dia memakai topi khasnya dengan pakaian serba putih.

Ridwan Kamil kembali bersama istrinya, Atalia Praratya dan anak kedua, Camillia Azzahra atau Zara. Selama lebih dari sepekan, mereka ikut mencari keberadaan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Setelah melalui pencarian intensif oleh tim SAR, keluarga Ridwan Kamil akhirnya memastikan Eril meninggal dunia. Kakak kandung Ridwan Kamil Erwin Muniruzaman yang didapuk sebagai juru bicara memberikan pernyataan resmi kepada awak media. Dia menyebutkan, keluarga besar meyakini Eril yang meninggal karena tenggelam di Sungai Aare itu memenuhi kriteria syahid akhirat dan dalam keadaan husnul khatimah. "Sehingga dari keseluruhan peristiwa ini, kami sekeluarga berprasangka baik, Insya Allah Eril wafat dalam keadaan husnul khatimah dan memenuhi kriteria riwayat hadis nabi, orang tenggelam dengan kriteria tertentu dinyatakan sebagai syahid akhirat," papar Erwin, Jumat (3/5/2022).

Musibah yang menimpa Eril terjadi ketika anak Ridwan Kamil itu pergi ke Swiss untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Berdasarkan keterangan keluarga, yang pada saat kejadian ada di lokasi, Eril bertanggung jawab karena memastikan dua orang lain yang ikut berenang di Sungai Aare, termasuk adik kandungnya, dalam posisi yang aman.

Baca Juga: Engkau Anugerah Terindah yang Pernah Aku Terima, Hati Kekasih Eril Terkoyak Usai Memendam Rindu, Ungkapan Duka Mengalir Lewat Foto Kenangan

"Dalam aktivitas berenang ini, dari kesaksian keluarga kami, Eril menunjukkan tanggung jawabnya dengan memastikan bahwa yang ikut aktivitas tersebut dipastikan keselamatannya," terang Erwin.

Sementara itu, Wakil Ketua MUI Anwar Abbas pernah mengutip salah satu hadits yang menerangkan tentang mati syahid ketika seseorang meninggal akibat tenggelam, "Siapa yang mati karena tenggelam, maka dia mati dalam keadaan syahid. (HR Muslim 1915)"."Maka kalau seandainya memang mereka meninggal dalam keadaan seperti ini, maka mereka jelas telah pergi menghadap Tuhannya dalam keadaan terhormat karena berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Muslim," kata dia.

Di sisi lalin, pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhid KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym menjelaskan, takdir kematian seseorang adalah rahasia Allah SWT.

Eril anak Ridwan Kamil yang hanyut di Sungai Aare Swiss dinyatakan mati syahid akhirat. Aa Gym beri penjelasan begini.
Facebook

Eril anak Ridwan Kamil yang hanyut di Sungai Aare Swiss dinyatakan mati syahid akhirat. Aa Gym beri penjelasan begini.

1 2 3

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest