Follow Us

Jawaban Kapan dan Pada Peristiwa Apa Rumusan Pancasila Disahkan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 28 Februari 2022 | 23:42
Ini jawaban kapan dan pada peristiwa apa rumusan Pancasila disahkan soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 7 halaman 176.
Kompas.com/Syifa Nuri Khairunnisa

Ini jawaban kapan dan pada peristiwa apa rumusan Pancasila disahkan soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 7 halaman 176.

Fotokita.net - Berikut jawaban kapan dan pada peristiwa apa rumusan Pancasila disahkan yang menjadi salah satu soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 7 halaman 176.

Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu panca dan sila. Panca artinya lima, dan sila artinya dasar. Jadi, Pancasila berarti lima dasar atau lima asas.

Istilah pancasila telah dikenal sejak zaman Majapahit, yaitu terdapat pada kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca dan kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular. Dalam kitab Sutasoma, pancasila berarti berbatu sendi yang lima atau pelaksanaan kesusilaan yang lima.

Lahirnya Pancasila sebagai dasar negara terjadi pada saat Sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang pertama. Berikut usulan-usulan dasar negara yang disampaikan oleh tiga tokoh bangsa.

Pada tanggal 18 Agustus 1945, disahkan Undang-Undang Dasar 1945 pada Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), termasuk Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Di dalam Pembukaan Undang- Undang Dasar 1945, termuat isi rumusan Prinsip Dasar Negara yang disebut Pancasila, tepatnya pada alinea IV yang berbunyi sebagai berikut:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

3. Persatuan Indonesia

Baca Juga: Jawaban Peran Pancasila dalam Keberagaman Bangsa Kelas 5 SD Tema 7

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular