Follow Us

Jadi Saksi Foto Munarman Siram Air ke Pakar UI, Kepala BNPT Ungkap Alasan Mantan Jubir FPI Tersangka Teroris

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 25 Januari 2022 | 20:04
Foto Munarman menyiram air ke wajah pakar UI di depan jenderal polisi bikin heboh. Kini, Kepala BNPT ungkap alasan Munarman ditangkap.
Facebook

Foto Munarman menyiram air ke wajah pakar UI di depan jenderal polisi bikin heboh. Kini, Kepala BNPT ungkap alasan Munarman ditangkap.

Fotokita.net - Mantan juru bicara (jubir) sekaligus Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman melakukan aksi penyiraman air ke wajah pakar sosiologi sekaligus guru besar Universitas Indonesia, Tamrin Amal Tomagola.

Peristiwa penyiraman air yang dilakukan Munarman itu terjadi ketika dia menjadi salah seorang acara diskusi live TVOne pada Jumat (28/6/2013). Foto Munarman menyiram air ke wajah pakar UI langsung tersebar luas. Foto yang berasal dari tangkapan layar acara diskusi itu menuai beragam respons di jagat maya.

Ketika itu, salah seorang narasumber adalah Karopenmas Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar yang melakukan live dari Mabes Polri. Kini, Jenderal Boy Rafli Amar menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Boy menjelaskan alasan jubir FPI itu ditetapkan sebagai tersangka teroris.

Aksi penyiraman air oleh Jubir FPI kepada sosiolog UI Tamrin Tomagola, terjadi karena pembicaraan Munarman sempat ditimpali oleh Tamrin. Munarman emosi dan menyiramkan gelas berisi teh manis ke wajah Tamrin.

Peristwa itu terjadi sekitar pukul 07.45 WIB di Wisma Nusantara, Jakpus, Jumat (28/6/2013). Kala itu diskusi membahas pelarangan sweeping tempat hiburan malam. Selain sosiolog UI Tamrin Tomagola dan Jubir FPI Munarman, hadir juga Karopenmas Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar live dari Mabes Polri.

Di hadapan Boy Rafli itulah insiden penyiraman terjadi. Berikut kutipan dialog mereka sesaat sebelum Munarman menyiramkan airnya:

"Sekarang beliau ini (Tamrin) melihat hilirnya. Ketika masyarakat seperti yang ini (menunjukkan print out berita) konteks kita ibu-ibu mengambil tindakan sendiri. Kalau dalam perspektif beliau ini tidak masuk," tutur Jubir FPI berbaju kemeja putih itu.

Baca Juga: Foto Munarman Pegang Uang di Depan Peserta Demo Disebarkan, Saksi Minta Hakim Segera Tinggalkan Pekerjaannya

"Anda nggak tahu.. Hei dengar dulu anda nggak tahu apa yang saya maksud.." Tamrin menyela sambil menunjuk-nunjuk karena tersinggung dengan pernyataan Munarman.

"Diam anda diam..!" timpal Munarman yang berlanjut saling berebut lebih dulu bicara.

"Anda...." Byur!! Munarman mengambil air dari dalam gelas dan menyiramkannya ke wajah Tamrin.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest