Follow Us

Prada Yotam Kabur Bawa Senapan Standar NATO ke Sarang KKB Papua, Jenderal Andika Perkasa Turun Tangan, Foto Prajurit Kelana Yudha Disebarkan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 21 Desember 2021 | 10:24
Foto Prada Yotam Bugiangge sudah disebarkan. Namun, ada informasi prajurit kelana yudha ini pernah mengunggah foto bendera Papua Merdeka.
Facebook

Foto Prada Yotam Bugiangge sudah disebarkan. Namun, ada informasi prajurit kelana yudha ini pernah mengunggah foto bendera Papua Merdeka.

Fotokita.net - Prada Yotam Bugiangge sudah empat hari menghilang dari kesatuannya. Anggota TNI AD yang kabur itu membawa senapan canggih buatan Pindad SS2-V1 ke arah hutan sarang KKB Papua. Mendapatkan kabar itu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa turun tangan. Foto prajurit Kelana Yudha itu disebarkan di berbagai media sosial.

Prada Yotam Bugiangge, anggota Kompi Senapan C Yonif 756/WMS di Kabupaten Kerom, kelana yudha (lari dari kesatuan). Prada Yotam membawa sepucuk senjata SS2-V1 kaliber 5,56 mm, pada Jumat, (17/12/2021), pukul 17.00 WIT.

Kaburnya Prada Yotam Bugiangge berawal ketika akan melaksanakan Serah Terima Jaga Satri. Pukul 16.46 WIT, Prada Yotam Bugiangge mengendap ke arah belakang Ksatrian, menyandang senjata sambil menerima telepon.

Ketika Pasukan Regu Jaga disiapkan untuk melaksanakan Serah Terima Jaga Satri, Prada Yotam Bugiangge tak kunjung datang. Saat dipanggil, Yotam telah meninggalkan belakang Ksatrian ke arah hutan sambil membawa senapan dan tas.

Pasukan yang melakukan pencarian menemukan sepatu dan seragam PDL (pakaian dinas lapangan) Prada Yotam 100 meter dalam hutan di belakang Asrama Kompi Senapan C. Sedangkan Senapan Serbu (SS)2-V1 beserta magazin dibawa kabur.

Baca Juga: Prada Yotam yang Kepergok Unggah Foto Bendera Papua Merdeka Ramai Dibahas, Natalius Pigai Beri Pesan Ini ke Presiden

Prada Yotam adalah putra asli Papua. Dia lahir pada 24 Mei 1999 di Gunia, Kabupaten Nduga, Papua. Saat kabur ke arah hutan yang menjadi sarang kelompok teroris KKB Papua, Prada Yotam membawa senapan standar NATO SS2-V1.

SS2-V1 merupakan buatan PT Pindad. Lahir dari sebuah pengembangan untuk menambah performa dari SS1, SS2-V1 merupakan varian pertama dari keluarga SS2 dengan panjang laras 460 mm yang dapat mengenai target sejauh 400 meter dengan sangat akurat.

Amunisi yang digunakan kaliber 5.56 x 45 mm standar NATO. Salah satu fitur SS2 adalah charging handle yang akan tertarik kebelakang saat peluru telah habis, pengguna hanya perlu mengganti magazine, kemudian menekan tombol bolt-catch tanpa mengokang, dan senjata pun akan kembali siap untuk ditembakan.

Senapan SS2-V1 masih kalah dari SS2-V4 kaliber 5.56 mm. SS2-V4 merupakan senapan terbaik kebanggaan Indonesia yang telah 12 kali memenangkan kompetisi menembak Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) dan The ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) mempunyai akurasi tembakan yang jitu dengan menggunakan 6 ulir laras setebal 7 inch.

Baca Juga: Kabur dari Kesatuan TNI AD, Prada Yotam Ternyata Pernah Unggah Lambang Papua Merdeka, Foto Ini Buktinya

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest