Follow Us

Gugur Diterjang Peluru KKB, Foto Prajurit TNI Asli Papua Jadi Propaganda Musuh, Kodam Kasuari Buka Suara

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 20 Januari 2022 | 20:55
Foto prajurit TNI asli Papua yang gugur dan terluka akibat serangan teroris KKB menjadi alat propaganda musuh. Kodam Kasuari buka suara.
Facebook

Foto prajurit TNI asli Papua yang gugur dan terluka akibat serangan teroris KKB menjadi alat propaganda musuh. Kodam Kasuari buka suara.

Fotokita.net - Seorang prajurit TNI asli Papua bernama Serda Miskel Rumbiak gugur saat mendapatkan serangan dari teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Foto prajurit TNi asli Papua yang gugur itu menjadi alat propaganda musuh. Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVIII/Kasuari buka suara.

Kontak senjata antara parjurit TNI dan KKB Papua kembali terjadi di jalan wilayah Kampung Faan Kahrio dan Kampung Kamat, Distrik Aifat Timur Tengah Kab. Maybrat Prov. Papua Barat. Peristiwa ini muncul pada Kamis (20/1/2022) pukul 07.00 WIT.

Pihak KKB Papua mengaku bertanggung jawab atas serangan yang ditujukan kepada prajurit TNI yang berasal dari kesatuan Yon Zipur 20/PPA. Menurut mereka, serangan berasal dari anggota Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat [TPNPB] KODAP IV Sorong Raya.

Dari serangan itu, Serda Miskel Rumbiak gugur setelah mendapatkan luka tembak di bagian perut kanan. Sementara itu, empat rekannya mengalami luka-luka di tubuhnya.

Serda Darusman mengalamii luka tembak di perut bagian kiri (kondisi sadar). Prada Aziz Rengen menderita luka tembak berat di punggung belakang (kondisi sadar). Prada Abraham, luka tembak di bahu kanan, kiri dan pangkal paha kiri (kondisi sadar). Terakhir, Prada Odeng, luka rekoset di paha sebelah kanan.

Setelah serangan itu, Korban langsung mendapatkan penanganan medis di Puskesmas Aifat, Kampung Kumurkek, Distrik Aifat. Rencananya, Prada Aziz dan Prada Abraham yang menderita luka berat akan mendapatkan evakuasi dengan helikopter ke RSAL Kota Sorong.

Kejadian berawal pada saat anggota Yonzipur 20/PPA yang akan melaksanakan perbaikan jembatan serpas dari kampung Faan Kahrio menuju ke lokasi jembatan dan mendapatkan kontak dari teroris KKB Papua.

Baca Juga: Prada Yotam Kabur Bawa Senapan Standar NATO ke Sarang KKB Papua, Jenderal Andika Perkasa Turun Tangan, Foto Prajurit Kelana Yudha Disebarkan

Foto prajurit TNI asli Papua yang gugur dan terluka akibat serangan teroris KKB menjadi alat propaganda musuh. Pihak KNPB/OPM menggunakan foto prajurit TNI yang menjadi korban untuk menyebarkan tuntutan mereka di media sosial.

Dalam tuntutannya, KNPB meminta gencatan senjata antara militer TPNPB OPM dan TNI/Polri. Sebab dampak dari perang mengorbankan rakyat sipil mengungsi ke hutan, kehilangan sanak saudara, kehilangan rumah, meninggal dunia dan lainnya.

Mereka juga menuntut perundingan/dialog internasional yg melibatkan negara netral antara Indonesia, TPNPB-OPM dan rakyat West Papua, sebagai subjek politik. Selain itu, mereka meminta pemerintah mengizinkan jurnalis internasional masuk ke tanah papua utk meliput berbaagai Berita di Tanah Papua Barat.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest