Follow Us

Foto Tabrakan LRT Jabodebek Terlanjur Viral, Ternyata Pemicu Kecelakaan Gegara Masalah Sepele Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 20 Desember 2021 | 21:55
Penyebab kecelakaan LRT Jabodebek yang terjadi pada 25 Oktober 2021 telah terungkap. Pemicunya gegara masalah sepele ini, Fotonya terlanjur viral.
Facebook

Penyebab kecelakaan LRT Jabodebek yang terjadi pada 25 Oktober 2021 telah terungkap. Pemicunya gegara masalah sepele ini, Fotonya terlanjur viral.

Fotokita.net - Foto tabrakan LRT Jabodebek yang terjadi pada Senin (25/10/2021) siang terlanjur viral di media sosial. Netizen ramai membahas kecelakaan LRT Jabodebek yang masih dalam uji coba itu. Ternyata pemicu kecelakaan itu gegara masalah sepele ini.

PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT INKA mengkonfirmasi insiden tabrakan LRT Jabodebek yang terjadi di kawasan Cibubur, Jakarta Timur pada Senin (25/10/2021).

Direktur Utama PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT INKA Budi Noviantoro mengatakan insiden tabrakan LRT Jabodebek yang terjadi di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, melibatkan Train Set (TS) 20 & 29 pada KM 12+800 antara Stasiun Harjamukti - Ciracas pada Senin siang.

"Pada Senin, tanggal 25 Oktober 2021 pukul 12.45 WIB telah terjadi kecelakaan tabrakan dari belakang pada saat pengujian sarana internal oleh PT INKA," kata Budi Noviantoro dalam konferensi pers LRT Jabodebek Senin 25 Oktober 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Budi Noviantoro juga mengatakan, dugaan sementara kecelakaan terjadi akibat adanya indikasi human error. Diduga, masinis melebihi kecepatan langsir (bergerak) dan menyalahi Standar Operasional Prosedur (SOP).

Baca Juga: Heboh Foto Tabrakan LRT Jabodetabek, Warga Terkejut Dengar Suara Menggelar, Ini Kondisinya

"Makanya saya bilang ini terindikasi adanya human error, masinis pada saat langsir ini kecepatannya melebihi. Tapi itu nanti akan diketahui oleh hasil investigasi KNKT. Tapi indikasi awal berdasarkan situasi di lapangan seperti itu," kata Budi.

Foto tabrakan Jabodebek yang terjadi di kawasan Cibubur langsung viral di media sosial. Netizen membahas foto yang menunjukkan dua gerbong kereta terlihat mengalami kerusakan parah. Beragam foto tersebar luas di berbagai platform media sosial.

Dalam foto tabrakan itu, gerbong LRT Jabodebek yang bertubrukan langsung mendapatkan penanganan dari petugas. Namun, netizen merasa miris melihat tingkat kerusakannya. Terlebih lagi, kereta layang ini sedang masa uji coba. Mereka bertanya-tanya, LRT Jobodebek belum operasi saja sudah mengalami kecelakaan yang cukup fatal.

Pembangunan LRT Jabodebek dilatarbelakangi oleh kemacetan parah yang selalu terjadi di Jakarta. Mengurangi kepadatan dan meminimalisir kemacetan Jalan Tol Jakarta Cikampek, serta Jalan Tol Jagorawi menjadi tujuan disediakannya LRT sebagai salah satu moda transportasi publik.

LRT merupakan moda layanan transportasi yang mengoperasikan kereta penumpang di atas rel ringan. Kemudian, LRT bekerja dengan konsep memindahkan penumpang lebih banyak melalui operasi rute yang lebih banyak.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest