Follow Us

Dapat Pujian Setinggi Langit dari Jokowi, Insinyur Perempuan Jebolan ITB Itu Bikin 2 Menteri Ini Rela Keluarkan Hadiah Tambahan. Prestasi Apa yang Sudah Dibuatnya?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 14 November 2019 | 17:31
Long Span Kuningan merupakan salah satu infrastruktur hasil desain anak bangsa yang patut diapresiasi.
Kementerian PUPR

Long Span Kuningan merupakan salah satu infrastruktur hasil desain anak bangsa yang patut diapresiasi.

Fotokita.net - Profil perempuan berhijab nan bersahaja ini tengah menjadi perbincangan. Maklum, insinyur bernama Arvila Delitriana ini membuktikan diri dengan karya monumentalnya.

Arvila berhasil merancang Long Span Kuningan menjadi Jembatan Lengkung Boks Beton terpanjang di dunia yang membentang tanpa disangga tiang.

Presiden Joko Widodo pun memuji konstruksi jembatan bentang panjang proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek.

Baca Juga: Tawaran Jadi Menteri Datang 2 Kali, Tapi Walikota Sederet Prestasi Bergengsi Ini Bersikukuh Menampiknya. Apa Alasan Penolakan Tawaran Itu?

Struktur konstruksi tersebut terbentang melayang di atas flyover Tol Dalam Kota yang berada di simpang Kuningan, Jakarta Selatan.

Lebih rumit lagi, di bawah struktur flyover tersebut terdapat underpas yang menghubungkan kawasan Mampang dan Kuningan.

"Sudah melayang di atas flyover, melengkung pula di ketinggian. Begitulah rumitnya pekerjaan jembatan bentang panjang untuk LRT Jabodebek yang melayang di atas flyover Kuningnan, Jakarta Selatan ini," kata Jokowi, seperti diunggah di akun Instagram pribadinya, Kamis (14/11/2019). Konstruksi jembatan tersebut dirancang oleh insinyur jebolan Institut Teknologi Bandung, Arvila Delitriana.

Long Span Kuningan merupakan salah satu infrastruktur hasil desain anak bangsa yang patut diapresiasi.
Adhi Karya

Long Span Kuningan merupakan salah satu infrastruktur hasil desain anak bangsa yang patut diapresiasi.

Menurut Jokowi, jembatan menakjubkan itu telah tersambung dengan presisi sejak Rabu (13/11/2019).

"Bayangkanlah kehebatan konstruksi ini. Membentang 148 meter dengan radius lengkung 115 meter dan menggunakan material beton seberat 9.688,8 ton atau setara dengan lebih tiga kali berat patung Garuda Wisnu Kencana di Bali," ucap Jokowi.

"Besi yang digunakan sejumlah 2.929,7 ton atau setara dengan lebih lima kali berat pesawat Airbus A-380," imbuh dia.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest