Follow Us

Nasi Sudah Jadi Bubur, Foto Brimob Ribut Sama Kopassus di Papua Terlanjur Viral, Ternyata Kalap Dagangannya Ditilap Karyawan Tambang

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 29 November 2021 | 15:09
Foto keributan anggota Kopassus dengan personel Brimob Aceh ramai dibahas di media sosial.
Instagram

Foto keributan anggota Kopassus dengan personel Brimob Aceh ramai dibahas di media sosial.

Fotokita.net - Foto personel Brimob ribut sama anggota Kopassus terlanjur di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua terlanjur viral di media sosial. Netizen geram saat melihat bukti pertikaian antar aparat keamanan itu. Ternyata pasukan elit Polri kalap dagangannya ditilap karyawan tambang di sana.

Foto keributan yang melibatkan anggota Kopassus yang tergabung dalam Satgas Nanggala dengan personel Polri dari Satgas Amole, terdiri dari pasukan Brimobda Aceh ramai dibahas netizen. Foto ini berasal dari video rekaman yang menunjukkan personel Brimob mengejar anggota Kopassus pakai senjata laras panjang.

Merespons video bentrok antar aparat keamanan yang viral, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menyatakan kejadian itu dipicu kesalahpahaman.

Ahmad memberikan konfirmasi kepada awak media, "Pada hari Sabtu, tanggal 27 November 2021, bertempat di Ridge Camp Pos RCTU Mile 72 tepat di depan Mess Hall, Timika, Papua, telah terjadi kasus kesalahpahaman antara personel Satgas Nanggala Kopassus dengan Satgas Amole."

Baca Juga: Foto Brimob Kejar Kopassus Pakai Senjata Laras Panjang Ramai Dibahas, Jenderal Andika Perkasa Turun Tangan

Perwira menengah Polri tersebut juga menyebutkan bahwa bentrokan itu terjadi dipicu karena urusan rokok. Awalnya, ada enam anggota Satgas Amole Kompi 3 yang sedang berjualan rokok di sekitar pos. Lalu, sekitar 20 personel Kopassus datang dengan maksud membeli rokok yang dijual personel Brimob. Akan tetapi, anggota Kopassus protes soal harga rokok yang dijual itu.

Ahmad menjelaskan pemicu bentrokan secara detail, "kesalahpahaman tersebut berawal dari enam personel Satgas Amole Kompi 3 yang berada di Pos RCTU Ridge Camp Mile 72 yang sedang berjualan rokok. Selanjutnya, tiba personel Nanggala Kopassus sebanyak 20 orang membeli rokok dan komplain mengenai harga rokok yang dijual personel Amole Kompi 3 penugasan."

Kemudian peristiwa itu terus berlanjut, Ahmad menerangkan anggota Kopassus melakukan pengeroyokan terhadap enam anggota Brimob tersebut. Para anggota Kopassus menggunakan benda tumpul dan tajam dalam pengeroyokan. "Selanjutnya pengeroyokan dengan menggunakan benda tumpul dan tajam terhadap enam Personel Amole Kompi 3 Penugasan," ucap Kamal.

Ahmad menegaskan bentrok antara Brimob vs Kopassus hanya kesalahpahaman. Menurutnya, kedua belah pihak telah berdamai. Namun para anggota yang terlibat dalam bentrokan tetap diproses disiplin.

Baca Juga: Foto Brimob Tenteng Senapan Kejar Anggota Kopassus di Papua Beredar, Pemicunya Ternyata Masalah Sepele Ini

Foto keributan anggota Kopassus dengan personel Brimob Aceh ramai dibahas di media sosial.
Instagram

Foto keributan anggota Kopassus dengan personel Brimob Aceh ramai dibahas di media sosial.

"Pimpinan masing-masing setelah menerima laporan, langsung berkoordinasi untuk menyelesaikan kesalahpahaman tersebut. Saat ini permasalahan tersebut telah diselesaikan secara damai. Selanjutnya, tindakan disiplin terhadap mereka yang terlibat perkelahian akan tetap dilakukan," kata Ahmad.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest