Follow Us

Foto Pemeran Mas Karyo Dirindukan, Sahabat Rano Karno Meninggal Dunia Sehabis Main Futsal, Sempat Lahap Makanan Pemicu Gangguan Jantung Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 10 November 2021 | 13:31
Basuki atau Mas karyo dikabarkan terkena serangan jantung setelah bermain futsal. Sejumlah makanan ini bisa menjadi penyebabnya.
Instagram

Basuki atau Mas karyo dikabarkan terkena serangan jantung setelah bermain futsal. Sejumlah makanan ini bisa menjadi penyebabnya.

Fotokita.net - Foto pemeran Mas Karyo dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan dirindukan para penggemarnya di media sosial. Pelawak Basuki dinilai sukses memainkan lakon Mas Karyo yang kerap berkonflik dengan Bang Mandra, paman Si Doel dalam sinetron legendaris itu.

Basuki yang juga sahabat Rano Karno, sutradara sekaligus pemeran utama sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu meninggal dunia sehabis bermain futsal bersama rekan-rekan bisnisnya pada 12 Desember 2007. Padahal, dua hari sebelum meninggal dunia, Basuki alias Mas Karyo mengajak tetangga rumahnya melahap makanan yang memicu gangguan jantung ini.

Kabar kepergian Basuki yang begitu mendadak tentu mengejutkan semua pihak. Tak ada yang menyangka pemilik nama lengkap Agus Basuki itu harus kembali ke pangkuan Yang Maha Kuasa dengan cara tragis. Akibatnya, tak ada lagi pemeran Mas Karyo dalam kisah trilogi Si Doel yang diangkat ke layar lebar.

Basuki meninggal dunia pada 12 Desember 2007. Sekitar pukul 19.00 WIB, Basuki menghembuskan napasnya yang terakhir di Rumah Sakit Melia Cibubur, Jakarta Timur. Menurut rekannya sesama pelawak, Kabul atau yang lebih dikenal dengan nama Tessy, Basuki pingsan setelah bermain futsal. "Mungkin karena (sakit) jantungnya kumat," katanya.

Basuki termasuk salah satu aktor yang disebut mampu menghidupkan dialog dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Basuki yang sempat tergabung dalam grup lawak Srimulat ini berperan sebagai Karyo. Dalam cerita, Karyo dikisahkan sebagai pria berdarah Jawa yang mengontrak di sebelah rumah Si Doel.

Baca Juga: Foto Adik Rano Karno Tidur Bareng Anjing Ramai Dibahas, Pemain Sinetron Si Doel Disindir Soal Ajaran Agama, Responsnya Tak Terduga

Foto pemeran Mas Karyo ini masih kerap muncul dalam beragam akun media sosial yang mengulas tentang sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Di Instagram fanbase Si Doel Anak Sekolahan, foto Basuki dibanjiri komentar. Mereka banyak yang merindukan dengan tingkah Mas Karyo di dalam sinetron yang memegang rekor paling lama tayang di televisi itu.

Dalam keseharian di sinetron Si Doel Anak Sekolahan, Mas Karyo kerap berkonflik dengan Mandra, adik dari Babeh Sabeni yang diperankan seniman Betawi Benyamin Sueb. Dialog yang muncul dalam konflik Karyo dengan Mandra sudah membuat para penggemar merindukannya.

Mengikuti jejak sang ayah, Pete alias Suwito, Basuki memulai karirnya sebagai pelawak di panggung Srimulat sejak 1981. Pria kelahiran Surakarta, 5 Maret 1956, ini kemudian banyak main di film komedi layar lebar yang marak pada dekade 80-an.

Basuki keluar dari Srimulat pada tahun 1986, lalu turut membentuk grup lawak Merdeka dan Batik bersama Kadir, Timbul, Nurbuat, dan Rohana. Tapi kelompok mereka tak bertahan lama. Publik kemudian lebih mengenalnya melalui panggung “Ketoprak Humor” bersama para eks-Srimulat lainnya.

Baca Juga: Foto Jenazah Sahabat Rano Karno Ditangisi, Pemain Si Doel Ajak Tetangga Santap Makanan Penyebab Serangan Jantung, Ketua RW Jadi Saksinya

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest