Follow Us

Foto Tampang Arya Wedakarna Beredar, Ini Alasan Anggota DPD Asal Bali Tanggung Semua BIaya Ritual Pindah Agama Hindu Sukmawati Soekarnoputri

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:58
Arya Wedakarna menyebutkan alasan dirinya bersedia menanggung semua biaya ritual pindah agama Hindu Sukmawati Soekarnoputri.
Facebook

Arya Wedakarna menyebutkan alasan dirinya bersedia menanggung semua biaya ritual pindah agama Hindu Sukmawati Soekarnoputri.

Fotokita.net - Foto tampang I Gusti Ngurah Wedakarna beredar di media sosial. Ini alasan anggota DPD RI asal Bali tanggung semua biaya ritual pindah agama Hindu Sukmawati Soekarnoputri.

Putri Presiden RI pertama Soekarno, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri atau Sukmawati Soekarnoputri tengah menjadi perbincangan hangat publik. Pemicunya, kabar Sukmawati berpindah agama dari Islam ke Hindu sudah dirilis secara resmi.

Ritual pindah agama Hindu yang disebut Sudhi Wadani bakal digelar di Bali. Prosesi Sudhi Wadani bakal digelar di kawasan situs cagar budaya rumah asal ibunda Bung Karno di Kota Singaraja.

Rupanya, persiapan pindah agama Hindu Sukmawati ini sudah dilakukan sejak lama. Penanggung jawab upacara, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa, menyebutkan pemilihan tempat Bale Agung Singaraja merupakan perintah langsung dari Sukmawati Soekarnoputri. Tempat dipilih karena ada kaitannya dengan neneknya atau ibunda Sukarno, yakni Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.

"Ya sudah disiapkan cukup lama, ya nanti tanggal 26 Oktober minggu depan acara Sudhi Wadani-nya, tempatnya di Balai Agung di Singaraja," kata Wedakarna, saat dimintai konfirmasi, Jumat (22/10).

Baca Juga: Innalillahi, Foto Heldy Djafar Tinggal Kenangan, Tubuh Istri ke-9 Bung Karno Terus Digerogoti Penyakit Berbahaya Ini Sebelum Menutup Mata

Arya Wedakarna menuturkan Sukmawati lahir memeluk agama Islam, termasuk suaminya. Kepindahan Sukmawati Soekarnoputri ke pangkuan dharma disebut untuk kembali ke pangkuan neneknya, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.

"Dulu nenek beliau kan ada yang Hindu begitu kan. Jadi kembali ke pangkuan Hindu Dharma, jadi justru beliau yang menyarankan. Tokoh-tokoh Bali juga menyarankan jadi untuk menjaga kebinekaan kita," jelas Arya Wedakarna.

Bersamaan prosesi pindah agama Hindu yang dijalani Sukmawati Soekarnoputri ini, foto tampang Arya Wedakarna beredar di media sosial. Usut punya usut, anggota DPD RI asal Bali ini mendapatkan mandat dari The Soekarno Center untuk melaksanakan Sudhi Wadani untuk Sukmawati Soekarnoputri.

Pada Sabtu (23/10/2021) di depan awak media, Panglingsir Dadia Pasek Baleagung Singaraja, Made Hardika, mengatakan, "Niki (ini) kan dia Sudhi Wadani, dia beralih agama keyakinan dia, dia mau mengikuti agama yang dipeluk neneknya di Bale Agung (Singaraja)."

Hardika mengatakan Sukmawati Soekarnoputri bakal menjalani sejumlah ritual saat upacara Sudhi Wadani. Ritual itu bakal dilakukan mulai Senin (25/10) dan dilanjutkan pada ritual utama keesokan harinya.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest