Follow Us

Diakui Paling Berbahaya, Ini Foto Tampang 2 Pemimpin KKB Papua, Satgas Nemangkawi Ungkap Alasan Keduanya Sulit Ditangkap

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 23 Agustus 2021 | 08:57
KKB Papua yang meresahkan warga Pegunungan Tengah. Ini foto tampang 2 pemimpin KKB Papua yang diakui paling berbahaya.
Istimewa

KKB Papua yang meresahkan warga Pegunungan Tengah. Ini foto tampang 2 pemimpin KKB Papua yang diakui paling berbahaya.

Fotokita.net - Inilah foto tampang 2 pemimpin KKB Papua yang diakui paling berbahaya. Satgas Nemangkawi TNI-Polri mengungkap alasan keduanya sulit ditangkap.

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua yang terus melancarkan aksi di sejumlah wilayah Pegunungan Tengah Bumi Cendrawasih ini sudah meresahkan warga. Aksi mereka yang menuntut kemerdekaan Papua diikuti dengan tindakan kekerasan terhadap warga sekitar.

Dalam mencapai tujuan aksi itu, KKB Papua tak segan melakukan keji, seperti pembunuhan hingga perusakan serta pembakaran rumah warga.

Akibat aksi anarkis dan kekerasan itu, ada beberapa kabupaten yang hingga kini masih rawan dari aksi KKB, seperti Puncak, Yahukimo, Nduga dan Intan Jaya.

Pemerintah telah membentuk Satgas Nemangkawi untuk menangani KKB Papua sejak 2018. Satgas yang personelnya anggota TNI-Polri terpilih telah melakukan pemetaan terhadap kekuatan KKB Papua yang umumnya memiliki persenjataan modern tersebut.

Baca Juga: Tantang Pasukan Setan, 2 Anggota KKB Papua Tewas Diterjang Peluru Kopassus

Dari hasil pemeataan Satgas Nemangkawi, pemerintah telah mengetahui kekuatan tiap KKB Papua yang masih eksis. Setidaknya ada lima kelompok besar yang telah dipetakan oleh Satgas Nemangkawi dengan para pemimpinnya adalah Lekagak Telenggen, Egianus Kogoya, Jhony Botak, Demianus Magai Yogi dan Sabinus Waker.

Namun, dari daftar kelompok yang ada, ada dua nama kelompok yang dianggap paling berbahaya.

"Kelompok Egianus dan Lekagak yang paling berbahaya. Kelompok Egianus ini anak muda semua, kalau kelompok Lekagak strukturnya lengkap," ujar Kepala Satgas Penegakan Hukum (Gakum) Nemangkawi, Kombes Faisal Ramadhani, di Jayapura, Rabu (18/8/2021).

Nah, inilah foto 2 tampang pemimpin KKB Papua yang diakui paling berbahaya. Satgas Nemangkawi mengungkap alasan keduanya sulit ditangkap.

Baca Juga: Foto Aksi Gagah Prabowo Subianto Kala Pimpin Kopassus Bebaskan Sandera OPM di Papua

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest