Follow Us

Jadi Kebiasaan Hari Raya, Balon Udara Meledak Hingga Hancurkan Rumah, Ini Foto Tampang Pelakunya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 08 Agustus 2021 | 09:53
Ilustrasi, warga menerbangkan balon udara yang membawa petasan untuk memperingati Hari Raya.
Instagram

Ilustrasi, warga menerbangkan balon udara yang membawa petasan untuk memperingati Hari Raya.

Fotokita.net - Bagi sebagian warga Ponorogo, Jawa Timur, menerbangkan balon udara sudah menjadi kebiasaan saat memperingati hari raya. Namun, ketika balon udara meledak hingga menghancurkan rumah, kebiasaan itu jadi masalah. Ini foto tampang pelakunya.

Sebuah balon udara yang membawa petasan ukuran jumbo meledak di Desa Somoroto, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (6/8/2021). Akibatnya, sebanyak 4 rumah dan satu sekolah rusak.

Sontak peristiwa itu menjadi sorotan. Warga terkejut atas kejadian yang menimpa desanya. Menurut informasi, peristiwa balon udara meledak bukan hanya sekali ini. Sudah terjadi beberapa kali.

Kapolsek Somoroto AKBP Nyoto, kebiasaan menerbangkan balon udara disertai mercon dalam ukuran jumbo sangat memprihatinkan. Pasalnya, sudah banyak korban dan kerusakan yang terjadi. Bahkan, penegakan hukum sudah sering dilakukan, tetapi belum membuat warga jera.

“Kami dari kepolisian akan lebih intensif menangani masalah ini," kata Nyoto.

Apabila ditelusuri di media sosial, sebuah akun Instagram malah menawarkan jasa membuat balon udara yang membawa petasan di Ponorogo. Dalam keterangan profilmya, kebiasaan menerbangkan balon udara bermuatan petasan sudah menjadi tradisi dalam memperingati Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Baca Juga: Potret Pilu 2 Bocah di Makam Ibunda, Ucapkan Salam Sembari Tempelkan Telinga di Atas Pusara, Ini Foto Wajahnya

Dilansir dari Kompascom, Nyoto membenarkan rusaknya empat rumah dan satu sekolah akibat balon udara yang meledak. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

“Balon udara yang membawa muatan mercon itu diperkirakan robek di udara sehingga tidak mampu terbang tinggi. Balon itu kemudian turun di depan rumah warga dan meledak,” kata Nyoto.

Nyoto mengatakan, balon udara itu meledak dan setelahnya menimpa persis rumah milik Lahuri. Beruntung, saat kejadian, Lahuri tidak ada di rumah karena sedang berada di sawah. Akibat ledakan itu, rumah Lahuri rusak parah. Pintu, jendela, serta atap teras rumahnya rusak dan pecah karena ledakan.

Tidak hanya rumah Lahuri, salah satu ruangan sekolah SMP yang dekat dari lokasi mengalami pecah kaca dan plafon. Selain itu, tiga rumah lainnya juga dilaporkan rusak.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest