Follow Us

Ikan Pari Berkembang Biak dengan Cara Melahirkan dan Bertelur, Contoh Hewan Ovovivipar

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 27 Juli 2021 | 11:55
Ikan Pari Manta berkembang biak dengan cara melahirkan dan bertelur, contoh hewan ovovivipar.
Tripsavvy.com

Ikan Pari Manta berkembang biak dengan cara melahirkan dan bertelur, contoh hewan ovovivipar.

Fotokita.net - Berikut penjelasan ikan pari berkembang biak dengan cara melahirkan dan bertelur. Ikan pari menjadi salah satu contoh hewan ovovivipar.

Banyak sekali tingkah laku hewan, reproduksi hewan dan masih banyak lagi yang dapat kita pelajari sebagai jendela ilmu.

Dalam dunia hewan, kita mengenal perkembangbiakan hewan yang terbagi dalam tiga cara, yaitu vivipar atau melahirkan, ovipar atau bertelur, dan juga ovovivipar atau melahirkan dan bertelur.

Nah, kali ini kita akan membahas salah satu contoh hewan ovovivipar, yaitu ikan pari.

Mengutip Wikipedia, ovivivipar yaitu salah satu cara perkembangbiakan hewan dengan cara beranak dan bertelur. Embrio yang menjadi anak dari hewan tersebut berkembang dalam telur. Telur tersebut juga masih berada dalam tubuh induk hingga akhirnya menetas.

Baca Juga: Ini Contoh Hewan Ovovivipar Serta Pengertian Lengkapnya, Yuk Kita Cari Tahu

Kemudian, setelah telur menetas, terdapat individu yang baru yang keluar dari dalam tubuh induk. Hewan dengan perkembangbiakan ini memiliki ciri-ciri, yakni embrionya berkembang dan bertumbuh meski berada dalam telur.

Lalu saat telah cukup umur, maka telur tersebut akan menetas dan sang anak akan keluar dari tubuh sang induk. Sementara itu, cadangan makanan terdapat dalam telur sebagai makanan embrio untuk berkembang.

Jadi, bukan berasal dari tubuh sang induk. Beberapa contoh hewan ovovivipar adalah ikan pari, hiu, dan beberapa jenis ular (seperti ular boa, ular sanca, dan juga ular piton).

Ikan pari adalah termasuk ke dalam contoh hewan ovovivipar yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan bertelur.

Pada dasarnya ikan pari berkembang biak dengan cara bertelur, namun beberapa jenis ikan pari akan melahirkan anak-anak mereka setelah telur-telur tersebut menetas di dalam tubuh mereka.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest