Follow Us

Contoh Konjungsi dalam Kalimat Bahasa Indonesia, Berikut Pengertian dan Jenisnya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 26 Juli 2021 | 06:55
Berikut contoh konjungsi dalam kalimat Bahasa Indonesia, termasuk pengertian dan jenisnya.
Photo Stock

Berikut contoh konjungsi dalam kalimat Bahasa Indonesia, termasuk pengertian dan jenisnya.

Fotokita.net - Berikut contoh konjungsi dalam kalimat Bahasa Indonesia, termasuk pengertian dan jenisnya.

Konjungsi adalah kata sambung untuk menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, atau klausa dengan klausa. Kata konjungsi memiliki jenis yang bervarasi sesuai penggunaannya.

Konjungsi sering disebut pula sebagai kata penghubung antarkalimat. Namun, konjungsi juga bisa digunakan sebagai penghubung antarkata.

Dalam penggunaannya, konjungsi tidak mengandung suatu makna atau tujuan tertentu. Karena konjungsi memang hanya berperan sebagai kata penghubung atau kata sambung saja.

Sebelum membahas contoh konjungsi, kita dapat membahas beberapa jenis konjungsi yang ada. Begitu pula dengan pengertian konjungsi.

Beberapa jenis konjungsi ini antara lain seperti dan, atau, namun, tetapi, dan masih banyak lagi. Kemudian, macam-macam konjungsi diklasifikasikan sesuai fungsi penggunaannya. Konjungsi penting untuk memperjelas sebuah kalimat.

Baca Juga: Jawaban Manfaat Perkembangbiakan Generatif Soal Kelas 6 SD Tema 1

Pengertian konjungsi

Menurut Taufiqur Rahman dalam buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2018), konjungsi atau kata penghubung merupakan kata yang digunakan untuk menghubungkan antarkalimat, antarklausa serta antarparagraf.

Pada umumnya, konjungsi antarklausa terletak di bagian tengah kalimat. Konjungsi antarkalimat terletak di awal kalimat atau setelah tanda baca.

Konjungsi antar paragraf terletak di awal paragraf. Agar bisa mengetahui perbedaanya, berikut penjelasan tentang pengertian klausa, kalimat serta paragraf:

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest