Follow Us

Ini Contoh Hewan Ovovivipar Serta Pengertian Lengkapnya, Yuk Kita Cari Tahu

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 22 Juli 2021 | 05:30
Kuda laut dengan ekor kotaknya. Contoh hewan ovovivipar.
shellac/FlickrCC by 2.0, via popsci

Kuda laut dengan ekor kotaknya. Contoh hewan ovovivipar.

Fotokita.net - Berikut ini contoh hewan ovovivipar serta pengertian lengkapnya. Selain itu, kita cari tahu perbedaan hewan ovovivipar dengan ovipar dan vivipar.

Kita tentu terkejut saat mendapatkan pertanyaan apa saja contoh hewan ovovivipar. Tak perlu khawatir kita di sini akan membahas contoh hewan ovovivipar agar kita dapat menjawab pertanyaan itu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ovovivipar menurut KBBI adalah reproduksi yang dihasilkan dengan cara mengembangkan telur di dalam badan induknya, tetapi embrio tidak mendapat makanan dari induknya.

Apabila dipahami kembali, dalam proses ini sang anak hewan tersebut sudah mendapatkan nutrisi dari telurnya bukan dari tubuh induknya.

Namun, biasanya hewan ovovivipar walaupun bertelur dan melahirkan, memang terkesan terlihat melahirkan.

Hal tersebut dikarenakan telur yang sudah dibuahi menetas pada saluran telur atau yang dikenal dengan oviduk. Jadi ketika lahir seperti melahirkan padahal ada proses menjadi telur terlebih dahulu.

Baca Juga: Ini Contoh Hewan Vertebrata dan Invertebrata dengan Cara Geraknya

Ovovivipar adalah kelompok hewan yang bereproduksi dengan bertelur dan melahirkan. Hewan ovovivipar bertelur dan menyimpan telur tersebut dalam tubuhnya.

Telur tersebut memperoleh nutrisi dari kuning telur dan bukan dari plasenta induknya. Telur kemudian akan menetas dan keluar dari tubuh induknya seperti melahirkan.

Lantas, apa perbedaan hewan ovovivipar dengan hewan ovipar dan vivipar?

Ovipar merupakan hewan yang sistem reproduksinya dengan bertelur. Telur keluar dan menetas di luar badan induknya. Yang menjadi pembeda jelas terletak pada tempat menetasnya telur.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest