Follow Us

Picu Malapetaka, Ikan Mas Raksasa Bikin Pemkot Pusing, Foto Penampakannya Jadi Sorotan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 16 Juli 2021 | 10:42
Foto penampakan ikan mas raksasa yang berkembang biak di danau sebuah kota di Minnesota, AS menjadi sorotan.
Twitter

Foto penampakan ikan mas raksasa yang berkembang biak di danau sebuah kota di Minnesota, AS menjadi sorotan.

Fotokita.net - Foto penampakan ikan mas raksasa yang berkembang biak di danau kota ini menjadi sorotan. Pemerintah kota (pemkot) dibikin pusing atas kehadiran ikan mas raksasa yang memicu malapetaka bagi ekosistem sekitar.

Penampakan ikan mas raksasa telah membuat heboh warga kota kecil di negara bagian Amerika Serikat, Minnesota. Pemerintah kota yang bernama Burnsville itu menemukan ikan mas raksasa di sebuah danau di wilayah mereka.

Ikan mas biasanya dipelihara warga di rumah. Namun, ketika dibuang ke danau, ikan mas itu tumbuh jauh lebih besar hingga memicu malapetaka bagi ekosistem sekitarnya.

Baca Juga: Bikin Bencana, Ini Foto Ikan Mas yang Dibuang Sembarangan ke Danau Tumbuh Jadi Raksasa

Ikan mas hias tampak menarik untuk dipelihara di rumah. Ikan mas yang dipelihara di akuarium rumah biasanya tumbuh hingga panjang tubuhnya sekitar 5,1 cm.

Disebut raksasa karena tidak seperti saat dipelihara di akuarium atau semacamnya, ikan mas ini dapat tumbuh sampai 38 centimeter.

Akan tetapi ternyata jika dibuang atau dibebaskan ke danau atau sungai, ikan mas ini bisa tumbuh sangat besar dan menjadi persoalan berbahaya bagi lingkungan.

Baca Juga: Foto Baliho di Sragen Bikin Heboh, Isinya Memaki Pemerintah, Ternyata Pemasangnya Punya Jabatan Mentereng

Ikan mas yang hidup di akuarium.
Wikimedia Commons

Ikan mas yang hidup di akuarium.

Ketika mereka dilepas ke perairan umum, kata petugas pengendalian satwa liar, ikan mas dapat tumbuh lebih besar dan sulit dikendalikan. Ikan mas ini berkembang biak dengan cepat dan mendominasi spesies alami.

Akibat temuan itu, pemkot yang dibikin pusing atas gangguan ekosistem dari ikan mas raksasa telah meminta warga kota untuk tidak sembarangan membuang ikan peliharaan.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest