Follow Us

Pantas Terpilih Jadi Kepala BNPB, Ganip Warsito Tak Sungkan Turun Tangan Saat Kunjungan Jokowi

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 25 Mei 2021 | 12:20
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono (tengah), Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito (kiri), dan Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti (kanan) melakukan salam komando saat upacara peresmian dan pelantikan Pangdam XIII Merdeka serta alih Kodal Satuan dari Kodam VII
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono (tengah), Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito (kiri), dan Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti (kanan) melakukan salam komando saat upacara peresmian dan pelantikan Pangdam XIII Merdeka serta alih Kodal Satuan dari Kodam VII

Fotokita.net - Letnan Jenderal (Letjen) TNI Ganip Warsito resmi dilantik sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pelantikan Ganip Warsito dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/5/2021).

Ganip Warsito menggantikan Doni Monardo yang segera memasuki masa pensiun dari dinas kemiliteran pada 1 Juni 2021.

Pelantikan perwira tinggi TNI Angkatan Darat (AD) tersebut tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 79P 2021 Tentang Pemberhentain dan Pengangkatan Kepala BNPB yang dibacakan Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sektretariat Negara, Nanik Purwanti.

Baca Juga: Terungkap, 2 Jenderal di Balik Sukses Operasi Nemangkawi Tumpas Lekagak Telenggen dan KKB Papua

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia, menimbang, mengingat, memutuskan dan menetapkan Letjen TNI Ganip Warsito sebagai Kepala BNPB. Dan kepada yang bersangkutan diberika hak keuangan dan hak adminstrasi setingkat menteri. Ditetapkan di Jakarta 24 Mei 2021" ujar Nanik.

Jokowi sendiri memimpin pengambilan sumpah pengangkatan Ganip sebagai Kepala BNPB. Ganip mengikuti pembacaan sumpah yang dibacakan Jokowi.

Baca Juga: Makin Terjepit, KKB Lekagak Telenggen Masih Berani Ultimatum TNi Polri: Papua Akan Perang Serentak!

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," katanya.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebut Presiden Jokowi menginginkan adanya tradisi jika posisi Kepala BNPB adalah seorang perwira tinggi aktif.

Baca Juga: Profil Lekagak Telenggen, Pemimpin KKB Papua yang Jadi Buruan Utama Intel Kopassus

"Presiden ingin mentradisikan yang memimpin BNPB adalah perwira tinggi aktif, di antaranya agar setiap terjadi bencana bisa mudah mengerahkan pasukan," katanya, dikutip dari Kompas.id, Selasa pagi.

Pria kelahiran Magelang, 23 November 1963 merupakan jebolan akademi militer (akmil) 1986.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest