Follow Us

Terungkap, 2 Jenderal di Balik Sukses Operasi Nemangkawi Tumpas Lekagak Telenggen dan KKB Papua

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 24 Mei 2021 | 17:40
 sosok 2 jenderal TNI Polri yang menjadi kunci sukses operasi Nemangkawi dalam menumpas Lekagak Telenggen dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.
Kolase

sosok 2 jenderal TNI Polri yang menjadi kunci sukses operasi Nemangkawi dalam menumpas Lekagak Telenggen dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

Fotokita.net - Ini sosok 2 jenderal TNI Polri yang menjadi kunci sukses operasi Nemangkawi dalam menumpas Lekagak Telenggen dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

Perbuatan onar yang dilakukan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB OPM) atau KKB Papua sudah dianggap melewati batas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan geram, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemerintah tak memberikan tempat untuk kelompok separatis di Tanah Air.

Baca Juga: Makin Terjepit, KKB Lekagak Telenggen Masih Berani Ultimatum TNi Polri: Papua Akan Perang Serentak!

"Saya tegaskan tidak ada tempat untuk kelompok-kelompok kriminal bersenjata di tanah Papua maupun di seluruh pelosok Tanah Air," ujar Jokowi dalam keterangan pers secara virtual melalui Youtube Sekretariat Presiden, pada Senin 26 April 2021.

Jokowi merespon dengan tegas menyusul aksi-aksi kriminal yang dilakukan TPNPB OPM atau KKB Papua sejak awal akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021 di Kabupaten Intan Jaya dan Puncak.

Sejak itu, pemerintah Jokowi memasukan TPNPB OPM atau KKB Papua ke dalam organisasi teroris, yang harus ditumpas dari Tanah Air.

Baca Juga: Profil Lekagak Telenggen, Pemimpin KKB Papua yang Jadi Buruan Utama Intel Kopassus

KKB Papua diketahui gemar membakar bangunan sekolah, rumah warga, perumahan guru, memeras hingga menembak aparat TNI-Polri. TPNPB OPM juga tega menghabisi nyawa warga sipil.

Korban pun berjatuhan, mulai dari pekerja tambang, pelajar SMA, guru-guru non Papua, tukang ojek dibunuh secara sadis.

Tukang bubur di Intan Jaya juga ikut dianiaya, beruntung nyawanya masih dapat tertolong.

Baca Juga: Dituding Jadi Mata-mata TNI, Intip Potret Suku Ngalum yang Hidup di Negeri Atas Awan Papua

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest